Ketika aku share hasil belajar menggambarku di media sosial, sering banget pertanyaan yang muncul "kak gambarnya pake apa?" Atau "Apa nama aplikasinya?" Pas udah dijawab "belinya dimana?". Wkwkwk. Udah kayak endorse produk atau toko sampe ditanya belinya dimana. Aku jadi kepikiran menulis topik ini supaya bisa dibaca oleh semua. Hehe.

    Melalui tulisan ini, aku akan sharing alat dan aplikasi apa yang aku gunakan untuk menggambar digital. Kalau untuk sketching atau gambar format pixel, alat yang aku gunakan adalah Ipad Pro dan Apple Pencil. Aku menggunakan Ipad Pro Generasi Kedua dengan spesifikasi ukuran 10.5 inch dan storange 256 GB keluaran tahun 2017 dan aku menggunakan Apple Pencil generasi pertama. Kalau mau versi lebih update, sudah ada Ipad Pro Generasi Kelima keluaran tahun 2021 dan Apple Pencil generasi kedua. Kalian bisa cek-cek spesifikasinya di sini. Untuk pembeliannya, Kalian bisa beli produk Apple di Premium Reseller seperti Ibox atau Authorized Reseller yang ada di kawasan perbelanjaan atau bisa juga di toko-toko online. Kalo dari harga bervariasi tergantung kalian beli dimana ya. Buat yang mau beli di toko online sebaiknya cek-cek dulu kondisi barang, keaslian, dan lain-lain nya atau bisa juga tanya-tanya ke teman rekomendasi toko mana yang terpercaya dan sudah pernah beli di sana sebelumnya.

    Aplikasi yang aku gunakan di Ipad Pro adalah Procreate. Kalian bisa beli aplikasinya di Apple Store. Waktu aku beli harganya 159.000 dan ini lisensinya bisa digunakan seumur hidup. Jadi gak perlu repuchase bulanan atau tahunan. Seperti ini salah satu hasil belajar menggambarku dengan menggunakan gear Ipad Pro, Apple Pencil dan Aplikasi Procreate. Bisa kalian tonton di reels Intagramku di sini.

     

    Kalau untuk menggambar format vector, aku menggunakan laptop dan Aplikasi Adobe Illustrator dibantu dengan drawing tablet juga. Gear yang aku gunakan bisa kalian tonton di channel youtube aku di sini. Untuk laptopnya kalian bisa pake laptop merk apa aja dengan spesifikasi yang tangguh buat desain. Rekomendasi spek laptop dari aku bisa dibaca di sini. Untuk Aplikasi Adobe Illustrator kalian bisa beli di sini. Ada yang versi Ipad feature juga kalau kalian mau mendesainnya menggunakan ipad di sini. Kalau Aplikasi Adobe Illustrator ini lisensinya gak seumur hidup. Kalian bisa repuchase bulanan atau tahunan. Silakan aja disesuaikan dengan kebutuhan. Bisa trial dulu juga kalau kalian mau cobain. Hehe. Berikut salah satu hasil belajar menggambarku yang menggunakan Laptop, Adobe Illustrator dan Drawing Pad. Tutorial cara membuatnya bisa kalian tonton di youtube channel aku di sini.

 
    Mungkin kalau dari hasil gambarnya, dilihat sekilas tidak terlihat ya perbedaan menggunakan kedua gear di atas. Tetapi kalau menggunakan Adobe Illustrator dengan format vector gambar yang dihasilkan tidak akan pecah jika diperbesar berapa kalipun.

    Mungkin segitu aja sharing dari aku kali ini. Semoga bermanfaat. Tetap semangat belajar dan berkarya apapun alatnya #cmiiw :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers