Spesifikasi laptop untuk desain tentu berbeda dengan spesifikasi laptop untuk penggunaan aktivitas untuk keperluan sehari-hari (non design). Terdapat sepesifikasi tertentu yang perlu dipertimbangkan karena laptop untuk mendesain membutuhkan banyak aplikasi pendukung yang berukuran cukup besar untuk membantu pekerjaan.

Photo by cottonbro from Pexels

    Buat kamu yang sedang berencana mencari laptop dengan spesifikasi untuk desain, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli laptop.

1. RAM

    Hal terpenting pertama yang harus kamu perhatikan adalah kapasitas RAM (Random Access Memory) karena kinerja RAM akan memengaruhi performa dari laptop yang kamu gunakan. Untuk pilihan terbaik gunakan RAM 16 GB. Untuk pilihan ideal, gunakan 8 GB. Minimal banget nih yang 4GB dengan model DDR3 atau DDR4. Itu juga menggunakan aplikasi desain tertentu atau dengan versi yang lebih jadul banget.

2. Processor

    Prioritas yang kedua adalah memilih jenis processor karena tanpa processor tangguh, kamu akan kesulitan dalam menjalankan aplikasi-aplikasi desain yang rata-rata cukup berat digunakan. Untuk pilihan terbaik gunakan i9. Untuk pilihan ideal, gunakan i7 dan untuk pilihan standart, gunakan i5.

3. Storange

    Selanjutnya adalah storange atau kapasitas penyimpanan disarankan untuk yang memiliki penyimpanan SSD karena SSD memberikan kinerja yang lebih cepat dibandingkan dengan HDD.

    Harga laptop dengan penyimpanan SSD lebih mahal dibandingkan denngan HDD walaupun kapasitasnya lebih kecil. Disarankan minimal 500 gb sih supaya lancar menjalankan aplikasi-aplikasi desain. Untuk penyimpanan file-file desain yang berat, kamu bisa menggunakan HDD eksternal sehingga tidak memakan storange laptop lebih banyak.

4. Graphic Card (pengolah grafik)

    Hal ini juga perlu diperhatikan saat membeli laptop. GPU atau Graphic Processing Unit adalah salah satu komponen komputer yang sangat penting untuk memaksimalkan kemampuan visual di dalam komputer. Disarankan untuk mencari laptop dengan VGA di luar bagian on-board karena VGA on-board akan berbagi kinerjanya dengan bagian RAM komputer. Hal ini bisa membuat kinerja laptop kamu akan terhambat. Untuk pilihan terbaik gunakan external graphic card 4 gb. 

5. Layar

    Laptop untuk keperluan desain, sangat perlu mempertimbangkan layar karena akan mempengaruhi kenyamanan dalam menatap layar dan juga dalam hal pemilihan warna yang digunakan pada desain. Disarankan untuk memilih tipe panel layar model IPS (in-plane switching) untuk tingkat keakuratan dan tampilan yang lebih konsisten dan nyata.

    Berdasarkan pengalamanku, aku sangat nyaman dengan layar retina. Layar retina adalah nama buatan dari produk apple untuk layar IPS LCD dan OLED yang memiliki kerapatan pixel lebih besar (pixel density). Layar retina menjadikan kualitas gambar super tajam, jernih, dan warna natural. Sangat nyaman di mata walaupun jauh lebih boros dalam hal penggunaan baterai dibanding layar biasa dan tentu saja layar retina hanya ada di produk apple.

6. Baterai

    Jika kamu sering bekerja di luar ruangan, kamu perlu mempertimbangkan daya tahan baterai karena untuk menjalankan aplikasi-aplikasi desain diperlukan daya tahan baterai yang besar. Hal ini untuk mengantisipasi jika tidak tersedianya colokan charger.

7. Operating System

    Ini hanya optional saja sih. Ada tiga sistem operasi yang lazim digunakan untuk laptop. Yaitu Windows, MacOS, dan Linux

    Untuk MacOS, harganya akan jauh lebih mahal dibanding laptop dengan sistem operasi lainnya. Pada OS tersebut, terdapat aplikasi-aplikasi tertentu yang tidak terdapat di OS lainnya. MacOS juga tidak dapat dimodifikasi.

    Untuk OS Windows, selain memiliki harga yang cenderung lebih murah dibandingkan dengan MacOS, ada berbagai macam brand laptop yang bisa dipilih. Laptop dengan sistem operasi Windows juga akan lebih mudah untuk dimodifikasi sesuai dengan keinginan.

    Selanjutnya untuk linux, OS ini merupakan open source. Mungkin ini kurang familiar dan juga cukup sulit digunakan para pemula. OS ini cocok untuk kamu yang suka mengutak-atik laptop karena mudah dilakukan berbagai perubahan.

 

        By the way, sedikit tambahan, untuk upgrade perangkat apple sepengetahuanku tidak bisa dilakukan. Apple tidak menjual perangkatnya secara terpisah dan memang didesain tidak untuk dimodifikasi. Misalnya jika tadinya kamu membeli MacBook Pro dengan spesifikasi RAM 8 GB. Lalu kamu ingin upgrade menjadi 16 GB maka tidak bisa. Apple menyediakan layanan CTO (Configure To Order) yaitu permintaan khusus pada saat awal pembelian perangkat apple. Sedangkan untuk brand laptop lainnya dengan OS windows, untuk upgrade laptop bukanlah hal yang masalah.

    Nah, itulah beberapa pertimbangan bagi kamu yang ingin memilih laptop untuk mendesain, selanjutnya yang juga perlu menjadi pertimbangan adalah budget atau harga. Hehe. Untuk keperluan desain, kamu memang harus merogoh kocek yang cukup dalam. Harga terendah laptop yang dapat kamu miliki dengan pertimbangan spesifikasi di atas adalah seharga 6 jutaan. Tetapi, untuk penggunaan jangka panjang, tentu harga yang lebih tinggi akan lebih disarankan. Semoga bermanfaat :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers