Ngabuburit merupakan tradisi yang lekat dengan bulan Ramadan di Indonesia. Menurut KBBI, ngabuburit atau mengabuburit artinya menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan. Berikut ini beberapa list kegiatan ngabuburit yang produktif dan dapat dijadikan kegiatan mengisi waktu luang saat berpuasa.


1. Membaca Al-Qur'an

    Selain menjalankan puasa selama sebulan lamanya, alangkah baiknya kita melengkapi ibadah kita dengan membaca Al-Qur'an. Kamu bisa melakukan kegiatan ini saat menunggu kendaraan ketika pulang Kantor, di Rumah ataupun di Masjid. Apalagi dibarengi dengan target khatam, pasti lebih semangat membacanya.

2. Mengikuti Kajian

    Bulan Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk banyak-banyak melakukan ibadah dan introspeksi diri. Kamu bisa mengisi waktu jelang berbuka dengan ikut pengajian setempat. Biasanya, selama bulan puasa ada lebih banyak pengajian yang digelar, seperti di Masjid terdekat atau pengajian yang diadakan Kantor hingga Sekolahan.

3. Membuat Takjil Sendiri

    Kalau biasanya berburu takjil di Pasar Kaget, mungkin sesekali bisa membuat takjil sendiri. Misalnya membuat kolak, biji salak, es buah ataupun gorengan. Selain lebih hemat, kamu juga mendapatkan porsi yang lebih banyak daripada membeli di Pasar. Tentu saja akan lebih terjamin higienitas-nya.

4. Berolahraga

    Kamu bisa melakukan olahraga dengan intensitas rendah atau sedang. Bisa dengan bersepeda, jalan santai di sekitar Rumah atau pun mengikuti gerakan-gerakan video yang ada di YouTube.

5. Grocery Shopping

    Menghabiskan waktu sebelum berbuka puasa dengan berbelanja kebutuhan mingguan atau bulanan untuk mempersiapkan berbagai menu di bulan ramadan bisa menjadi salah satu ide kegiatan ngabuburit yang menyenangkan.

6. Membaca Buku

    Membaca buku merupakan cara efektif untuk menambah wawasan. Sayang banget kan kalau waktunya hanya dipakai rebahan atau cuma scroll medsos terus-terusan. Kamu bisa membaca buku-buku tentang Islam atau buku-buku sastra seperti novel.

7. Merapihkan Rumah

    Merapikan rumah dapat menjadi terapi yang dapat membantu untuk melepaskan stres maupun kebosanan saat sedang berpuasa. Meluangkan waktu sedikit untuk membersihkan atau merapikan rumah sebelum berbuka puasa juga bisa membantu untuk menyegarkan pikiran, sehingga suasana nyaman dan bersih bisa didapatkan saat berbuka puasa.

8. Menonton Film

    Menonton film juga dapat membantu untuk melepas penat setelah seharian sibuk bekerja. Pastinya, waktu tidak akan terasa ketika digunakan untuk menonton film atau serial, pastikan film atau serial yang ditonton bermanfaat ya. 

9. Berkebun

    Kalau ingin mencoba kegiatan outdoor, bisa mencoba kegiatan berkebun. Kita bisa memanfaatkan pekarangan rumah atau wadah bekas untuk kegiatan menanam. Agar kegiatan berkebun terasa lebih menyenangkan, kita bisa mencoba mengajak anggota keluarga untuk melakukannya bersama.

10. Creative Time

    Waktu luang pada saat ngabuburit bisa juga dimanfaatkan untuk menajamkan sisi kreatif. Bisa dengan menggambar, mewarnai, membuat DIY, kerajinan tangan dan lain sebagainya.

    Mungkin segitu aja tips dari aku. Semoga tipsnya bermanfaat ya. Tetap semangat menjalankan ibadah puasanya teman-teman. Semoga ibadah puasa kita mendapat rida dari Allah SWT :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers