Ada yang tahun barunya membuat resolusi baru untuk setahun kedepannya? tapi nanti di akhir tahun direvisi. Hehe. Untuk mencapai sesuatu, selain karena izin Allah yang utama, selebihnya kita hanya bisa berusaha. Dalam hal berusaha ini lah diperlukan konsistensi untuk mencapai sesuatu. "Consistency is the key". John Maxwell says, “Small disciplines repeated with consistency every day lead to great achievements gained slowly over time.” 

Photo by cottonbro studio from Pexels

    Untuk mencapai sesuatu biasanya tidak instan. itu adalah sebuah perjalanan. Satu langkah pada satu waktu. Mie instan aja perlu dimasak dulu sebelum dimakan kan? kecuali kalau mungkin kamu anak sultan yang bisa langsung auto sultan. Hehe. Tetapi di sini kita ingin membahas suatu proses.

    Kesalahan terbesar yang dilakukan banyak orang adalah mereka menetapkan standar terlalu tinggi untuk memulai. Semua ingin dilakukan sekaligus dalam waktu yang singkat dan tidak masuk akal. Mulailah dari hal yang ringan dulu lalu kemudian ditambah intesitasnya. Pilihlah rutinitas atau kebiasaan yang bisa kamu pertahankan, lalu kembangkan.

    Misalnya, kamu membuat resolusi di tahun 2023 ingi menjadi lebih sehat dan bugar. Lalu untuk mencapai target tersebut kamu membuat planning pergi ke Gym pada tanggal 1 Januari untuk berlari sejauh 20 mil, angkat beban selama satu jam, berenang sejauh 3 mil, tidak makan nasi, makan hanya sehari sekali dan hal-hal menyiksa lainnya. Setelah berlangsung satu atau dua minggu kemudian rasanya ingin meledak karena itu semua dilakukan secara berlebihan, sehingga menimbulkan rasa ingin menyerah dan berhenti. Rutinitas yang seperti itu tidak akan bertahan lama apalagi berkelanjutan. Bukannya jadi lebih sehat dan bugar yang ada malah menjadi sakit-sakitan.

    Lakukanlah dengan bertahap tetapi konsisten. Misalnya di awal bulan lakukan jalan kaki minimal 3 kali dalam seminggu selama 15 menit. Lalu kurangi makan makanan manis dan juga fast food (hanya boleh makan seminggu sekali). Makan dengan seimbang usahakan selalu ada karbohidrat, protein, vitamin, dll. Minum air putih yang cukup minimal 2 liter perhari, istirahat yang cukup, kurangi begadang dan lain sebagainya. Semua dilakukan secara konsisten setiap harinya. Buatlah punishment agar meminimalisir pelanggaran, misalnya kalau makan fast food 2 kali seminggu, artinya harus menambah intenistas jalan kaki. Setelah satu bulan konsisten, bulan berikutnya baru ditambah jalan kaki minimal 3 kali dalam seminggu selama 30 menit, makan fast food 2 kali dalam sebulan dan seterusnya. Begitupun dengan resolusi lain yang ingin kalian capai.

    Inilah yang benar-benar diperlukan, pilihan, intensionalitas (karakteristik kesadaran di mana kondisi sadar akan sesuatu yaitu, keterarahannya terhadap suatu objek) dan kemudian menindaklanjuti rutinitas yang berkelanjutan! Apa pun yang kamu pilih untuk dilakukan, niatkan, jadikan berkelanjutan, ikuti, dan konsisten! You can do it! Semoga bermanfaat :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers