Di postingan sebelumnya aku pernah menulis tentang "Mengenal Profesi UI/UX Designer" yang kamu bisa baca dengan KLIK DI SINI dan juga "7 Skill yang Wajib Dimiliki UI/UX Designer"yang kamu bisa baca dengan KLIK DI SINI. Kali ini aku ingin berbagi tips meningkatkan skill untuk menjadi seorang UI/UX Designer. Cekidot!

Photo by fauxels from Pexels

1. Mengenal Istilah-istilah dalam dunia UI/UX

    Ada banyak sekali istilah-istilah dalam dunia UI/UX. Ada Whitespace, yaitu ruang kosong diantara elemen-elemen (button, teks, menu, icon, gambar, dll) yang berfungsi untuk membuat design terlihat lebih lega dan membuat elemen lain terlihat lebih menonjol). Lau Wireframe, yaitu kerangka website atau aplikasi untuk memberi gambaran struktur desain yang akan dibuat nantinya. Berikutnya ada Above The Fold, yaitu konten yang terlihat oleh ,user saat pertama kali membuka website atau apps tanpa user harus menscroll kebawah. Lalu ada padding, margin, slider, header, grid dan masih banyak lagi istilah-istilah dalam dunia UI/UX. Kamu bisa mempelajarinya dengan membaca buku, membaca artikel atau menonton video di youtube.

2. Banyak Berlatih UI/UX

    Agar meningkatkan skill dan memperdalam UI/UX, maka harus banyak berlatih baik dari segi UI maupun UX. Misalnya dengan redesain (merancang ulang) website atau aplikasi yang sudah ada menjadi versimu atau membuat konsep desain sebuah website yang sederhana menggunakan aplikasi sketch, adobe XD ataupun figma. Kamu bisa mendiskusikan hasil belajarmu dengan teman atau orang yang berprofesi sebagai UI/UX Designer untuk mendapatkan insight.

3. Mempelajari Tools Desain

    Untuk mengaplikasikan sebuah ide di kepala menjadi sebuah visual yang nantinya akan diaplikasikan, maka diperlukan untuk mempelajari tools desain sebagai penunjang. Kamu bisa menggunakan Skech, Adobe XD ataupun Figma. Untuk awal belajar, kamu bisa memilih salah satu aplikasi tersebut yang menurut kamu mudah digunakan dan terjangkau. Dari ketiga aplikasi tersebut yang free adalah figma. Ketiga apps tersebut sudah memiliki standar yang memudahkan proses desain dan dilengkapi dengan proses prototyping.

4. Mencari Banyak Sumber Referensi

    Sebagai UI/UX Designer, kamu harus banyak-banyak mencari sumber referensi untuk belajar misalnya melalui membaca buku atau artikel, menonton video di youtube, dan lain sebagainya. Selain belajar otodidak, kamu juga bisa ikut kelas online berbayar mengenai UI/UX yang tersedia di platform seperti udemy, coursera, skillshare,microsoft, interaction design foundation, dan sebagainya.

    Ketika bingung mencari sumber inspirasi desain UI, kamu bisa mencari dari sumber banyak referensi seperti di dribbble, behance ataupun pinterest. Kamu bisa menggunakan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dalam membuat desain.

5. Bergabung dengan Komunitas

    Kamu bisa bergabung dengan komunitas baik itu berupa grup member, forum Facebook, ataupun lainnya untuk sharing dan belajar mengenai UI/UX. Selain menambah teman-teman baru, kamu juga bisa bertukar pikiran dengan mendalami bidang profesi yang sama. Dengan menambah relasi, bisa mendorong kamu untuk lebih berkembang. Siapa tau bisa dapat job juga dari komunitas. Hehe.

6. Mengikuti Update Mengenai Desain dan Teknologi

    Hal ini wajib diperhatikan oleh UI/UX Designer karena perkembangan desain dan teknologi tidak pernah ada hentinya. Desain yang baik yaitu desain yang selalu menyesuaikan dengan kebutuhan sekarang. Jadi supaya terhindar dari kata kuno, kamu harus selalu mengikuti perkembangan desain dan teknologi. Selain itu, penting bagi seorang UI/UX Designer untuk belajar hal baru agar dapat menciptakan produk yang nyaman, informatif, dan up to date.

7. Belajar Time Management

    Dalam membuat tampilan UI atau membuat UX flow, diperlukan hal-hal detail yang cukup menguras waktu, tenaga dan pikiran. Agar dapat menyelesaikan deadline dalam sebuah project tepat waktu, maka diperlukan time management. Kemampuan ini sangat dibutuhkan oleh Perusahaan karena didalam dunia kerja terkadang terdapat pekerjaan-pekerjaan yang mungkin memiliki deadline yang sama sehingga kita bisa memprioritaskan tugas untuk dapat memenuhi kebutuhan Pelanggan atau Klien.

    Nah itu dia tips Meningkatkan Skill untuk Menjadi UI/UX Designer. Semoga bermanfaat dan tetap semangat! :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers