Gak ada hidup yang mulus-mulus aja di dunia ini. Jalan tol yang berlabel "jalan bebas hambatan" aja masih macet-macet juga. Kalaupun ada orang yang hidupnya selalu terlihat bahagia tanpa beban, orang tersebut hanya tidak membagikan rasa sedihnya kepada orang lain, yang dia bagikan hanya rasa bahagianya. Cukup Allah dan dia yang tahu.

Photo by Thirdman from Pexels

    Temanku pernah membagikan sebuah video bagus dari sebuah platform yang membagikan tips supaya kita lebih mudah berlapang dada terhadap apapun kejadian yang kita alami, ada lima kesadaran yang harus kita punya.

1. Sadari Semua Terjadi Atas Izin Allah

    Tidak ada sesuatu musibah yang menimpa (seseorang), kecuali dengan izin Allah; dan barangsiapa beriman kepada Allah, niscaya Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. At-Tagabun : 11)

    Bahwa semua kejadian sudah tertulis dan orang-orang yang beriman selalu yakin bahwa segala kejadian yang sudah tertulis pasti jauh lebih indah daripada hal lain yang kita inginkan.

2. Sadari Bahwa Semuanya Pasti Baik dari Allah

    Rasulullah SAW bersabda : Perkara setiap mukmin itu menakjubkan. Sesungguhnya setiap urusan mereka adalah kebaikan. Hal ini tidak terjadi kepada seorang pun kecuali bagi orang mukmin. Apabila ia mendapat kebahagiaan, maka ia bersyukur, maka itu baik baginya, dan apabila ia mendapatkan keburukan, maka ia bersabar, dan itu pun baik baginya (HR. Muslim no. 2999).

    Urusan orang-orang yang beriman tuh semuanya baik, gak ada yang buruk. Enak atau nggak enak pasti ujungnya kebaikan. Maka jagalah baik sangka itu.

3. Sadari Semuanya Sudah Terukur

    Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. (QS. Al-Baqarah : 286)

    Maka sebenarnya yang Allah uji itu bukan kemampuan kita. Tapi Allah menguji kemauan kita. Mau gak kita menerima, mau gak kita menagakui, mau gak kita mengadu bahwa kita ini lemah di hadapan Allah. La Haula Wala Quwwata Illa Billah

4. Sadari Semua Kepahitan Menghapus Dosa

    Bahwa kejaidan yang nggak enak, kesedihan, kepahitan itu bisa menggugurkan dosa. Apakah kita gak bahagia dengan semua itu? Kalau kita yakin semua kepahitan itu bisa jadi "kafarah". Kita lebih mudah berlapang dada.

5. Sadari Semuanya Bisa Ditolong oleh Allah

    Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkata, “Kapankah datang pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat. (QS. Al-Baqarah : 214)

    Jadi apapun ujian kehidupan yang sedang kamu hadapi sekarang. Kalau kita sadar akan lima hal ini, semoga dada kita bisa jauh lebih lapang menghadapi apapun ketetapan dan kejadian dalam hidup. Semangat! :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers