Kalian pasti sebel kan ketika ada deadline menghitung hari lalu laptop tiba-tiba mati total? Itu yang aku alami ketika lagi-lagi macbook aku mati total. Sebenarnya ini bukan kejadian pertama kali macbook aku mati total. Kalau mau baca cerita sebelumnya silakan KLIK DI SINI. Kalau sebelumnya macbook pro aku keluaran tahun 2015 yang mati, sekarang macbook pro M1 yang tahun 2020. Padahal baru aku gunakan setahun. Dan itu selang 2 bulan aja kejadiannya dari macbook pro aku yang lama mati. 

Photo by Junior Teixeira from Pexels

    Awal mula kejadiannya terjadi, ketika aku selesai charger laptopku, aku cabut dari stop kontak seperti biasa. Setelah itu, aku tinggal ke dapur. Setelah aku kembali lagi, hardisk eksternal yang aku sambungkan ke laptop tidak berkedip lampu indikatornya. Aku mencoba menekan tombol power, menekan-nekan trackpad, tetapi tidak bisa menyala juga. Aku mencoba browsing dan menonton video bagaimana mengatasi macbook yang tiba-tiba mati total, tetapi tetap saja tidak berhasil. Aku mencoba mengontak temanku yang pernah service macbook aku sebelumnya. Tetapi dia sedang berada di Jogja. Baru pulang senin. Itu terlalu lama jika aku harus menunggu. Akhirnya aku mencoba ke salah satu Klinik Laptop yang ada di daerah Depok. Ini baru pertama kali aku menyerahkan laptopku untuk di-service kepada orang yang belum aku kenal sebelumnya karena aku orangnya gak mudah percaya sama orang lain. Bismillah.

    Setelah menceritakan kejadiannya dengan teknisi, beliau mencoba mengeceknya. Ruangan teknisinya tuh terbuka gitu jadi aku bisa lihat peralatan-peralatan yang digunakan. Ada mikrosop juga. Mungkin karena komponen laptop yang sangat kecil jadi perlu menggunakan mikrosop untuk melihat dengan jelas. Dia menyambungkan charger dari laptop ke stop kontak, di charger yang dia miliki itu ada semacam seperti temperatur. Kalau dalam keadaan normal, seharusnya angka yang ditunjukan pada alat seperti temperatur itu angkanya akan terus naik, tetapi macbook aku hanya stuck di angka 5. Dia perlu waktu lagi untuk mengecek lebih lanjut dan tentu saja laptop aku harus menginap. Dia memperkirakan bahwa biaya yang harus aku keluarkan adalah sekitar 3,5 juta. Hahaha. Duit semua tuh? udah beli laptopnya mahal, service-nya pun juga mahal. Manja sekali ini device. Laptopku yang sudah berumur 10 tahun saja masih bisa menyala. Ini baru setahun aku gunakan sudah mati total. Akhirnya aku tinggal macbook aku di tempat service itu. Adminnya memberiku selembar kertas persetujuan dan nanti akan dikabari jika service sudah selesai.

    Tiga hari setelah meninggalkan macbook di tempat service itu, belum ada kabar sama sekali tentang kondisi macbook-ku. Aku mulai overthinking. Hehe. Aku berinisiatif untuk mengontak tempat service-nya terlebih dahulu. Teknisinya bilang masih dalam progress pengerjaan dan akan dikabari lagi nanti kalau sudah selesai. Keesokan harinya aku tidak sabar, aku kontak kembali teknisinya, dia bilang masih dalam tahap pengetesan dan insyaAllah besok sudah bisa diambil, dia akan mengabari lagi. Keesokan harinya chat yang paling aku tunggu adalah chat dari teknisinya. Berharap macbook-ku bisa ku bawa pulang. Aku bolak balik mengecek hp-ku. Belum ada juga. Ketika jam 5 sore, baru aku dapat kabar bahwa laptopku sudah bisa diambil. Karena mepet dengan waktu magrib, jadi aku bilang akan mengambilnya habis magrib.

    Aku bersiap mengendarai motorku ke tempat service. Jaraknya sekitar 10 km mungkin dari rumah. Setelah sampai di tempat service, teknisinya menjelaskan bahwa penyebab macbook aku mati total adalah masalah logic board-nya. Jadi di-repair dulu dan diganti regulator-nya karena konslet. Kemungkinan karena arus listrik dan itu tidak bisa dipredeksi. Sepertinya aku harus membeli stabilizer nih supaya arus listrik lebih stabil. Lumayan juga harga service-nya. Sebelumnya temanku yang service macbook aku satu lagi bilang, kemungkinan logic board aku rusak juga karena arus listrik. 

    Aku berharap ini yang terakhir deh aku harus service macbook karena amat sangat menguras kantong. Atau aku ganti ke laptop windows aja ya? Hehe. Semoga pengalamanku bermanfaat dan device kalian sehat-sehat ya. Aamiin :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers