Kalian selama pandemi punya kebiasaan baru gak sih? kalau aku ada. salah satunya kebiasaan bersih-bersih rumah. Padahal sebelum pandemi aku termasuk orang yang cuek soal kebersihan. Bukan cuek yang gak peduli atau jorok banget. Tapi biasa aja. Menaruh barang di sembarang tempat. Debu nempel di meja ruang tamu, pajangan rumah, kaca buffet, dan lain-lain juga dibersihinnya paling sebulan sekali. Kalau sekarang setelah pandemi risih kalau rumah berantakan, setelah selesai menggunakan barang, langsung dikembalikan ke tempat asalnya. biar gak lupa juga sih. Terus lap meja, kaca, buffet juga hampir setiap hari. Padahal sebelumnya males banget. Hehe.

 

    Rumah yang bersih, rapih dan wangi bikin mood bagus ternyata. Ibadah juga menjadi semakin nyaman dan jadi makin betah di rumah. Barang-barang yang tertata rapih jadi lebih mudah mencarinya. Kalau sebelumnya aku selalu bertanya pada Ibu, "Bu, lihat gunting kuku dimana nggak?" atau "Bu, pisau dapur diletakan dimana ya?". Hehe. Sekarang, sudah ada tempat masing-masingnya. Rumah yang bersih juga mencegah penyakit datang dan tamu yang berkunjung juga merasa lebih nyaman.

    Selain kebersihan rumah, aku juga jadi care dengan kebersihan diri. Aku termasuk orang yang suka makan menggunakan tangan. Nikmat aja gitu apalagi menggunakan sambal. Hehe. Bukan berarti sebelum pandemi aku gak cuci tangan sebelum makan, tetapi aku jadi lebih care cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Hehe.

    Oh iya dengan bersih-bersih rumah jadi tersadar ternyata banyak banget barang yang tidak terpakai. Saat minggu lalu aku merapihkan kembali pakaianku di lemari, banyak banget baju yang tidak aku gunakan lagi padahal selama pandemi aku juga tidak membeli baju, saat lebaran juga menggunakan baju lamaku. Selama 2 tahun pandemi, pekerjaan aku lakukan dari rumah. Bahasa kerennya sih WFH (Work From Home) jadi lebih sering tidak menggunakan baju formal. Hehe. Baju-baju yang jarang aku pakai atau hanya sekali dua kali pakai saja karena waktu itu membelinya untuk acara tertentu, aku masukin ke dalam kardus dan aku kirimkan untuk orang yang membutuhkan. Lumayan jadi bikin lemari lebih ringkas dan lega, yang tadinya butuh tiga lembari baju, sekarang satu lemari cukup untuk gamis, kemeja, rok bawahan dan kerudung yang memang benar-benar masih aku pakai dan itu sudah cukup. Baju banyak-banyak untuk apa? padahal yang dipakai itu-itu lagi. Hehe.

    Begitupun dengan sepatu. Dulu beli sepatu pantofel hanya untuk ikut tes CPNS. Habis itu tidak terpakai lagi karena memang aku kurang nyaman menggunakan sepatu seperti itu. Lalu aku juga membeli beberapa sepatu heels, rencananya sih mau belajar jadi wanita yang lebih anggun. Tapi ternyata sakit ketika digunakan lama. Hehe. Jadi, cuma sekali dua kali saja aku pakai. Aku lebih suka menggunakan sepatu sport. Lebih nyaman aja kalau jalan jauh, naik turun tangga stasiun, berlari mengejar kereta. Hehe. Jadi untuk sepatu atau sandal yang aku tidak gunakan lagi, aku masukan ke dalam kardus siapa tahu nanti ada tetangga atau siapapun yang membutuhkan bisa aku kasih. Rak sepatu jadi lebih rapih dan tidak banyak debu. Hehe. 

    Mungkin segitu aja cerita aku dengan kebiasaan baru selama pandemi. Kalau kalian ada kebiasaan baru apa? Semoga bermanfaat :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers