Sebagai salah satu orang yang punya sifat gak enakan (people pleaser) rasanya kalau kita gak bisa membantu orang lain, menuruti semua orang, mengiyakan apa yang orang lain minta tuh seperti menjadi orang jahat, seperti ada perasaan bersalah ke diri sendiri. Haha. Lalu pada akhirnya kita lelah sendiri. Padahal kan tidak harus. Kalau sedang tidak bisa membantu ya tinggal bilang saja sejujurnya dan menjelaskan kalau kita sedang tidak bisa membantu. 

Photo by Andrew Neel from Pexels

    Menjadi orang yang senang membantu orang lain adalah hal yang baik. Tetapi, yang menjadi catatan adalah jangan sampai mengorbankan perasaan sendiri demi kebahagiaan orang lain dan kita tidak harus membohongi diri sendiri kalau sebenarnya kita berat hati saat dimintai pertolongan oleh orang lain. Kita hanyalah manusia biasa yang kadang merasa lelah, butuh waktu untuk diri sendiri, berhenti sejenak dari rutinitas yang ada. Kita memiliki batasan. Jika kita melebihi batasan, kita tidak akan menjadi hebat. Tetapi menjadi berlebihan dan itu tidak baik juga untuk diri sendiri.

    Terus gimana dong supaya tidak menjadi people pleaser? Berikut tips yang sedang aku jalankan juga yang mungkin bisa bermanfaat untuk kamu juga yang seorang people pleaser.

1. Berani Menolak

    Kalau kita dimintai tolong sesuatu yang merugikan kita atau di luar kapasitas kita, belajarlah untuk berkata “tidak”. Tolaklah dengan sopan dan jelaskan kenapa kita tidak bisa melakukannya. Memang sih pasti sulit untuk seorang people pleaser untuk berkata “tidak”. Tetapi kita harus mulai terbiasa berani mengatakannya. Menolak bukan berarti jahat.

2. Tentukan Prioritas

    Kalau kamu merasa sedang sangat lelah dan ingin beristirahat tetapi ada orang lain yang meminta tolong sesuatu yang menurut kamu cukup berat, berikan penjelasan dengan sopan kalau kamu sedang ingin beristirahat. Kamu tidak harus selalu memprioritaskan kepentingan orang lain hingga lupa mendengarkan diri sendiri.

3. Berhenti Overthinking

    Seorang people pleaser seringnya memiliki pikiran yang kompleks. Hal ini juga yang membuatnya susah untuk mengatakan tidak. Yang ada dalam pikirannya tuh “Kalau aku menolak, nanti hubungan pertemanannya jadi gak baik” atau “Nanti kalau aku gak bantuin, suatu hari saat aku butuh bantuan, orang lain gak ada yang bantuin aku”.

    Stop pikiran yang berlebihan seperti itu. Teman yang baik akan selalu menjadi temanmu tanpa syarat. Jika mereka meninggalkanmu karena sekali dua kali kamu sedang tidak bisa membantu mereka, tidak apa-apa, orang yang datang dan pergi dalam hidup kita itu hal biasa. Allah mempertemukan kita dengan orang lain pasti ada maksudnya. Kamu juga tida perlu khawatir kalau nanti ketika kamu membutuhkan bantuan tidak ada yang menolong kamu karena orang baik pasti akan bertemu dengan orang baik lainnya. "Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula)". QS. Ar-Rahman: 60

4. Meminta Maaf Seperlunya

    Kita memang harus meminta maaf jika kita berbuat salah. Permasalahan dari seorang people pleaser adalah seringnya meminta maaf kepada hal-hal yang seharusnya tidak perlu. Misalnya ikut merasa bersalah ketika teman telat datang karena kita sedang tidak bisa nebengin dia seperti biasa dan meminta maaf berkali-kali. Mulai sekarang, meminta maaf seperlunya dan kita tidak harus meminta maaf jika itu bukan kesalahan kita.

5. Menghargai Diri Sendiri

    Seorang people pleaser cenderung untuk mendahulukan kepentingan orang lain di atas dirinya sehingga kalau tidak sengaja melakukan sedikit kesalahan atau kesalahan kecil kepada orang lain kepikirannya bisa berhari-hari padahal mencintai dan menghargai diri sendiri adalah hal yang penting.  Tidak perlu merendahkan dirimu di hadapan orang lain karena perasaan “tidak enakan”. Sebelum menghargai orang lain, hargailah dirimu sendiri dulu.

    Berhenti menjadi people pleaser bukan berarti menjadi egois. Tapi salah satu bentuk mencintai diri sendiri. Memang sudah sewajarnya kita berbuat baik kepada orang lain. Tetapi, kita juga harus berbuat baik kepada diri sendiri. Semoga bermanfaat :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers