Menjelang akhir tahun 2021 kemarin, explore Instagram-ku banyak banget orang yang bikin video reels recap 2021 dalam durasi beberapa detik. Rata-rata memperlihatkan liburannya dari awal hingga akhir tahun. Wah kayaknya enak banget ya hidup orang-orang traveling terus gak ada susahnya. Susahnya gak dilihatin lah. Hehe. 


    Katanya, yang lagi hits nih, alasan travelling salah satunya untuk self healing alias sebuah upaya yang dilakukan oleh masing-masing pribadi untuk menyembuhkan luka secara mandiri. Padahal mau travelling dengan alasan healing mau sampai ke lubang cicak sekali pun gak akan berguna kalau yang diingat bukan Allah. Ya, gak apa-apa sih kalau memang ada budget-nya, uangnya juga uang kamu. Asal jangan maksa sampai harus kredit segala apalagi kalau hanya untuk pamer di sosial media. Setelah selesai travelling, bukan self healing jadinya. Tapi pusing bayar cicilannya. Hehe.

    Buat kamu yang memang low budget, self healing gak harus dengan travelling kok. Berikut beberapa hal yang bisa kamu coba :

1. Me Time

    Menurut aku, me time ini bisa kamu isi dengan melakukan hobi atau apapun yang kamu suka. Kalau hobinya travelling coba cari alternatif hobi lainnya deh. Hehe. Misalnya buat yang suka nonton, bisa menonton serial drama yang disukai, yang hobi baking atau cooking bisa cobain resep baru, yang hobi olahraga, bisa coba yoga, yang hobi membaca coba dilihat di lemari bukunya, berapa buku yang masih terbungkus rapi di plastik? yuk diselesaikan membacanya :)

2. Olahraga

Olahraga selain bisa membuat tubuh sehat, bisa meningkatkan mood juga lho. Pikiran juga menjadi lebih fresh dan membuat kita rileks. Olahraga murah meriah? jalan kaki keliling komplek atau Taman dekat rumah. Kalau mau meluapkan amarah, coba muay thai :)

3. Menulis

    Kalau kamu orangnya cenderung introvert, Kamu bisa menyalurkan apa yang kamu rasakan dan kamu pikirkan melalui tulisan. Kamu bisa sharing melalui media online seperti blog pribadi atau kamu juga bisa menuliskannya di buku diary jika kamu ingin menyimpannya sendiri. Kalau ingin sharing ke media online perhatikan etikanya ya :)

4. Menggambar atau Mewarnai

    Gak harus jago gambar kok. Kamu bisa membuat bentuk abstrak sekalipun. Hehe. Selain itu, Kamu juga bisa coba untuk mewarnai. Banyak dijual buku-buku mewarnai untuk orang dewasa (adult coloring book) :)

5. Mendengarkan Kajian

    Seperti halnya fisik yang perlu makan dan minum, ruh juga harus diisi. Kita bisa mengikuti kajian. Selain menambah pengetahuan, bisa membuat pikiran damai dan hati tentram seperti Sabda Rasulullah SAW: “Ketahuilah bahwa dalam jasad manusia ada segumpal daging, jika baik maka baiklah seluruh anggota dan jika maka rusaklah seluruh anggota, ketahuilah itulah hati.” (HR. Bukhari dan Muslim)

    Gak perlu iri sama apa yang orang lain posting di sosial media. Tidak upload story di sosial media bukan berarti tidak bahagia dan self healing tidak harus travelling. Semoga bermanfaat :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers