Sebagai seorang Desainer Grafis, detail sekecil apapun yang dibuat memiliki pertimbangannya tersendiri. Dimulai dari warna, bentuk, tipografi, ukuran, dan lain-lain. Detail-detail kecil dibuat sedemikian rupa sehingga enak dilihat, menarik, tetapi tidak berlebihan, simple dan juga memiliki makna. Tetapi apakah dalam mendesain logo harus memiliki filosofi sekalipun bentuknya abstrak?

    Oke sebelum ke pertanyaan itu, siapa yang peduli akan nilai filosofi dalam pembuatan logo? Apakah kamu sebagai pengguna produk apple misalnya peduli dengan filosofi logo dibalik logo apple? Aku rasa nggak. Hehe. Yang kamu tahu dan kamu ingat dalam pikiran kamu, ketika melihat gambar apple tergigit kamu langsung teringat bahwa itu adalah logo apple. Lalu siapa yang peduli? Yang peduli akan filosofi logo hanya dua pihak, yaitu Desainer Logo dan Kliennya. Masyarakat umum? sepertinya tidak terlalu peduli. Hehe.

    Apakah kamu membeli produk Xiaomi karena logonya berarti "mobile internet" atau "mission impossible”? Atau apakah para Sosialita membeli membeli produk brand Louis Vuitton karena logonya terinspirasi dari motif Japonism? Pertimbangan seseorang dalam membeli sebuah brand tertentu lebih kepada karena persepsi/citra dari brand tersebut. Bisa jadi terhadap kualitas, fungsi, gengsi dan sebagainya bukan karena arti dari logonya. Logo diingat sebagai identitas seperti nama kita. 

    Jadi, Apakah logo harus selalu memiliki filosofi? menurut aku, jawabannya tergantung. Jika kita memiliki usaha berbentuk perusahaan, maka idealnya menyematkan value dan makna tertentu dalam logo perusahaan agar terkesan profesional, simple, unik, mudah diingat dan terpercaya seperti brand apple tadi. Tetapi, jika usaha kita masih dalam lingkup UMKM, filosofi atau makna logo tidak terlalu diperlukan. Yang terpenting logo menarik, mudah dipanami dan mudah diingat. Misalnya kita membuka usaha keripik singkong, bisa dibuat logonya dengan membuat sebuah character bentuk singkong yang sedang menggigit keripiknya dan tangannya mengacungkan jempol. Lalu diberi tipografi dari nama brand-nya menggunakan bahasa inggris supaya naik value-nya misalnya “Cassava Chips Mang Udin”. Hehe.

    Ingin membuat logo untuk usaha? Yuk aku bantu, silakan kontak aku, KLIK DI SINI. Semoga sharing-nya bermanfaat :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers