Kebanyakan tulisan atau artikel memberi tips menghadapi kritikan dari orang lain ya supaya lebih memotivasi. Tetapi di tulisan ini aku akan memberi tips supaya tidak pernah dikritik oleh orang lain. Hehe. Apa saja itu? Check it out.

 

1. Jangan Melakukan Apapun

    Kita diam saja juga tetap akan diomongin orang lain. Apalagi kalau banyak melakukan berbagai hal. Hal yang positif ya maksudnya. Yang dibilang caper lah, yang dibilang sok tahu, yang dibilang sok alim dan kritik-kritik ‘pedas’ sepedas makan bon cabe Level 30. Hehe. 

    Kita tidak bisa mengendalikan respon orang lain kepada kita. Yang bisa kita lakukan adalah menyikapinya. Orang lain memberi kita kritik berarti menaruh perhatian pada apa yang kita lakukan. Kalau gak perhatian, ngapain dia sampai meluangkan waktunya buat kepo story sosmed kita, nanya-nanya apa yang kita lakukan ke teman atau kerabat dekat kita, nyinyirin kita di geng-nya atau capek-capek menggerakan jari jemarinya di smartphone-nya untuk menyampaikan kritiknya langsung kepada kita. Hehe. Jadi kalau gak mau dikritik, ya tidak usah melakukan apapun.

2. Jangan Mengatakan Apapun

    Berbeda pendapat atau pandangan terhadap suatu hal itu hal yang biasa. Kita tidak bisa membuat semua orang setuju dengan pendapat kita. Semua berhak menyampaikan pendapatnya. Tetap bersikap tenang ketika menyampaikan pendapat kalau perlu diselingi humor supaya tidak tegang dan data yang valid supaya tidak menjadi debat yang unfaedah. Hehe. Saat berbeda pendapat ini nih yang seringnya bikin baper. Baper wajar kok, namanya juga manusia. Asal jangan keterusan aja. Hehe. Kalau tidak mau menerima kritik dari apa yang kita pikirkan, tidak perlu disampaikan. Diam saja. Tidak usah mengatakan apapun. Cuek aja.

3. Jangan Menjadi Apapun

    Misalnya kamu memiliki cita-cita menjadi YouTuber dengan peringkat nomer satu di Indonesia. Lalu beberapa orang mengkritik hasil video kamu (padahal belum juga nonton videonya, gak suka aja sama orangnya bukan karyanya. Hehe), Mereka bilang, kontennya membosankan, audionya kurang jelas, pengambilan videonya kurang tajam, blur semua dan bla…bla…bla…Terus saat mendapat kritik seperti ini kamu down? Maka, kamu TIDAK AKAN PERNAH meraih apa yang kamu impikan. Semakin tinggi pohon, akan semakin kencang anginnya. Sesempurna apapun hal yang kita merasa sudah melakukan yang terbaik bahkan harus keluar dari zona nyaman kita pasti akan ada selalu kritik yang datang. Jadi, kalau tidak siap menerima kritik, jangan pernah bercita-cita menjadi apapun. Hehe. 

    Jadi, mungkin segitu aja tips agar tidak pernah dikritik oleh orang lain. Hehe. Semoga tulisan ini membuat kita semakin termotivasi untuk terus bergerak dan berlapang dada dalam menerima kritik baik kritik yang membangun maupun menjatuhkan mental. Hehe. Apapun kritik yang datang pada kita, semoga menjadikan kita untuk selalu intropeksi diri dan semakin meningkatkan kualitas diri kita lagi. Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada yang mengkritik karena sudah meluangkan waktunya untuk memberi perhatian pada kita. Yang mengkritik juga belum tentu lebih baik dari yang dikritik dan belum tentu juga bisa melakukan apa yang sudah kamu lakukan. Keep going. Biar ketika mereka masih ngomongin kita, kita sudah maju beberapa langkah. Semoga bermanfaat :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers