Kuliah DKV (Desain Komunikasi Visual) santai banget ya gambar-gambar aja, jarang ada dosennya, paling masuk kelas absen doang dan bla…bla…bla… Maunya sih begitu, tetapi realitanya tidak seindah itu pemirsah. Hehe. Emang anak DKV ada dukanya? banyakkkk. Berikut aku share suka duka kuliah di jurusan DKV berdasarkan pengalaman.


Kita mulai dari Sukanya dulu ya. Yang indah-indah dulu. Hehe.

1. Sering dikira keren karena jago gambar

    Padahal sebenernya skill menggambarnya B aja gak jago-jago banget. Haha. Di atas langit masih ada langit. Kuliah DKV gak cuma menggambar ya saudara-saudara sebangsa setanah air. Tetapi ada mata kuliah lain seperti fotografi, komunikasi, sejarah seni, branding, kapita selekta dan lain-lain. Ini tergantung kurikulum kampus masing-masing. Tetapi mirip-mirip.

2. Easy Going

    Rata-rata anak DKV easy going. Mau ke senior atau ke junior gak kaku. Saling dukung. Banyak komunitas-komunitas yang bisa diikuti juga. Jadi semakin menambah networking dan ilmu juga, gak hanya dapet dari kelas.

3. Pakai baju bebas asal sopan

    Seringnya kaosan karena nyaman dan enak buat gerak. Haha. Gak wajib harus pake blazer atau kemeja kayak anak bisnis misalnya. Pakai sendal jepit juga boleh di kelas kalau gak ketahuan Dosen. Hehe.

4. Dosen masih muda

    Saat diskusi sama Dosen gak monoton berasa sama teman karena rata-rata masih muda. Diskusinya juga bisa di luar kelas. Sambil makan bareng di kantin atau ngemil gorengan di tangga kampus misalnya.

5. Gak bisa nyontek

    Gimana bisa nyontek? hasil menggambar tangan tiap orang kan berbeda-beda. Konsep yang dipikirkan tiap kepala juga berbeda-beda, kalaupun ada konsep yang sama, pasti hasil eksekusinya juga berbeda. Pilihannya, menantang diri sendiri supaya bisa mendapat nilai yang lebih baik dan bisa lulus tepat waktu atau menyerah, pasrah tereliminasi. Haha.

Selain suka, ada juga dukanya dong. Haha. Berikut duka-duka yang harus dilalui. Hehe

1. Begadang

    Ada gak sih jurusan di perkuliahan yang gak begadang? Wkwk. Yang pasti kalau menjadi mahasiswa DKV harus siap begadang. Semua tugas dikumpulkan bersamaan. Sabtu minggu ngerjain tugas. Dari pagi menjelang pagi lagi. Belum kalau drama mewarnai menggunakan cat air lalu salah warna, semut lewat catnya bleber kemana-kemana,  kertas ketumpahan kuah bakso. Haha. Mengesedih. 1 tugas diminta bikin beberapa alternatif. Bikin satu alternatif aja udah bikin puyeng. Tapi ketika pasca kampus, ketahanan dalam begadang ini diperlukan untuk menyelesaikan deadline. Hehe.

2. Laptop atau PC sering no responding

    Ini sering terjadi ketika mengerjakakan tugas digital. Harus buka dua aplikasi secara bersamaan ditambah spek laptopnya kentang. Haha. Udahlah ini nangis aja di pojokan. Aplikasi-aplikasi desain berat kayak beban hidup, mereka memakan memori dan storange tanpa ampun, makanya sering banget nih terjadi no responding. Jangan lupa selalu CTRL + S walaupun baru bikin garis lurus. Hehe.

3. Revisi

    Ketika kamu sudah selesai mengumpulkan tugas, bukan berarti penderitaan sudah berakhir, kamu masih harus menghadapi yang namanya revisi dan yang paling parah redesain. Hehe. Coretan dimana-mana. Cari ide lain lagi deh. Betapa lagi di pulau komodo biar dapet ilham. Ya dinikmati aja. Nanti kalau kerja masih di bidang desain, ini akan jadi kata-kata keramat yang harus kamu hadapi setiap saat. Hehe.

4. Bokek

    Saat menjadi anak DKV, bokek melanda sebokek-bokeknya untuk membeli cat-cat yang pada habis, kuas yang bulu-bulunya mulai jaga jarak, sketch book udah tipis karena salah terus, pensil warna tinggal setinggi jari kelingking dan kebutuhan untuk tugas lainnya. Harus pintar-pintar mengatur pengeluaran supaya akhir bulan gak minum obat mag terus. Hehe.

5. Desain Gratis

    Ini kalau pas ketemu temen di jurusan lain atau di organisasi sering minta desainin gratis. Udah gitu mintanya buru-buru. Bilangnya sih yang simple aja. Yang simple juga butuh mikir kali. Hahaha. Kalau emang simple menurut anda ya kerjain aja sendiri. Hehe. Sabar-sabar aja kalau ketemu makhluk tipe ini. Kalau nggak bisa menolong tolak secara halus aja. Hehe.

    Oke mungkin segitu aja sharing suka dan duka selama menjalani kuliah jurusan DKV. Ada yang ingin menambahkan? Semoga bermanfaat :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers