“Kok desainnya banyak yang kosong gini sih? Saya maunya desainnya dipenuhin satu halaman. Rugi dong saya bayar Desainer kalo kayak gini.” Komentar seorang klien ketika melihat hasil desain dengan menerapkan white space. Hehe.

    Apa itu white space? White space adalah ruang kosong diantara dan di sekitar unsur-unsur desain (ruang di sekitar grafik dan gambar, margin atau pada ruang antar kolom dan antar baris). Jadi, memang setiap ruang yang tidak berisi atau sengaja dibiarkan kosong tanpa tulisan dan tanpa gambar. White space diperlukan untuk memberikan jeda pada mata agar mata tidak terlalu lelah melihat desain yang terlalu padat.

    Asumsinya seperti ini, kalau kita melihat kendaraan padat merayap macet di jalan raya dari JPO (Jembatan Penyebrangan Orang) pusing kan? Gak ada jarak, mepet satu sama lain. Sama aja seperti kita melihat sebuah desain yang padet banget. Gambar, grafik, teks, margin dengan jarak yang mepet jadi satu. Mata kita bingung mau mulai melihat darimana, yang mana yang menjadi fokusnya. Informasi belum tersampaikan, tapi udah pusing duluan. Jadi, Desainer sengaja menerapkan white space pada desain untuk memberikan jeda pada mata agar mata tidak terlalu lelah melihat desain yang terlalu padat.

Jadi, berikut merupakan beberapa fungsi white space pada desain adalah : 

  1. White space diperlukan untuk memberikan jeda pada mata agar mata tidak terlalu lelah melihat desain yang terlalu padat. 
  2. Membantu tercapainya readability (berkaitan dengan tingkat keterbacaan suatu tulisan dalam jarak pandang tertentu) dan legibility (merupakan tingkat kemudahan mata untuk mengenali suatu tulisan) sebuah layout.
  3. Menciptakan struktur informasi yang rapi. 
  4. Menciptakan keseimbangan komposisi layout.
  5. Memberikan penekanan terhadap informasi yang ingin disampaikan terlebih dahulu. Istilah minimalist design menjadi salah satu bentuk dari pengaplikasian white space yang baik.
  6. Membuat desain terlihat lebih elegan.

    Berikut merupakan contoh penerapan white space pada desain. Jika gambarnya kurang jelas, silakan KLIK DI SINI

Penerapan white space pada desain UI (User Interface) website Apple.com

Penerapan white space pada desain layout majalah

    Jadi, udah gak ada lagi ya kata-kata desainnya sepi banget banyak yang kosong. Desainernya pelit banget padahal udah bayar mahal, tapi gak maksimal ngerjainnya. Hehe. Semua sudah ada pertimbangannya. Semoga bermanfaat.

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers