Apa yang terpikir di benak kamu saat mendengar kata "investasi"? Apakah saham? emas? properti? tanah? investasi memang sering diidentikan dengan uang, harta, keuntungan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan materi. Akan tetapi investasi gak melulu soal harta kok. Ada investasi non materi yang gak kalah penting yang membuat hidup menjadi lebih bermakna dan bermanfaat. Apa saja ya itu?

Photo by Olha Ruskykh from Pexels

1. Kesehatan

    Banyak orang yang bekerja siang malam demi mengejar materi sampai mengabaikan kesehatannya. Padahal kesehatan merupakan hal yang paling penting di dunia ini. Pasalnya, kalau kita dalam kondisi tidak prima, maka aktivitas yang kita jalankan juga tidak bisa optimal. Era pandemi covid 19 juga telah mengajarkan dan menyadarkan kita untuk menjaga kebersihan sebagai gerbang utama menuju hidup yang sehat. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan?

    Banyak cara yang bisa dilakukan untuk investasi kesehatan diri. By the way, ini bukan sedang endorse asuransi ya. Hehe. Cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, rutin berolahraga dan menghindari segala sesuatu yang bisa merusak tubuh kamu, misalnya dengan tidak merokok dan mengurangi begadang.

    Segala makanan yang kamu konsumsi atau aktivitas yang kamu lakukan sekarang mungkin tidak akan berdampak langsung pada kondisi kesehatan kamu. Tetapi dampaknya bisa kamu rasakan di masa depan dan kesehatan ini bisa berpengaruh terhadap investasi materi kamu. Jika kamu sehat di masa depan, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pengobatan kan?

2. Ilmu yang Bermanfaat

    Ilmu tak seperti harta. Semakin bertambah ilmu, kamu gak perlu khawatir menyimpannya atau was-was membawanya karena dia berada dalam diri kita dan bisa kita gunakan kapan saja dan dimana saja. Dengan ilmu, kita bisa memberi dampak manfaat untuk lingkungan sekitar kita.

    Ketika berinvestasi ilmu, wawasan dan skill kita akan bertambah. Walaupun dalam prosesnya, kita mengorbankan hal lain seperti uang dan waktu, tetapi kita tidak akan pernah merasa rugi. Kenapa? karena ada perasaan bahagia ketika kita bisa berbagi ilmu yang kita miliki. Dengan ilmu, kita juga bisa mendapatkan hal yang bersifat material seperti uang. Misalnya kamu bisa berbahasa asing, kamu bisa mengajarkannya pada orang lain, membuka kursus atau bekerja di perusahaan internasional.

    Jika kamu lulusan pesantren dan sharing ilmu yang telah kamu pelajari selama di sana, itu bisa menjadi investasi sebagai bekal setelah meninggalkan kehidupan dunia yang fana ini, salah satu amal jariyah yang pahalanya terus mengalir setelah kita meninggal adalah ilmu yang bermanfaat.

3. Hobi

    Ada kalanya kebahagaiaan muncul bukan dari materi yang kita miliki. Tetapi dengan melakukan hal-hal yang kita sukai. Ya, hobi merupakan investasi non materi, tetapi bisa menghasilkan materi. Misalnya, kamu memiliki hobi menulis, kamu bisa menjadi freelancer writer atau kamu bisa menulis buku. Dapat tiga hal sekaligus tuh, selain melakukan hobi, kamu memberikan ilmu yang bermanfaat dan mendapatkan bayaran. Hehehe. Kamu yang punya hobi olahraga juga bisa menjadi investasi, investasi untuk kesehatan di masa depan atau ikutan event tertentu bisa menjalin silaturahmi dengan orang-orang yang baru ditemui dan ikutan komunitas, bisa menjadi jalan membuka pintu-pintu rezeki yang lainnya juga. Hehe.

4. Relasi dan Pertemanan

    Manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa menghindari interaksi atau hidup tanpa bantuan dari orang lain. Membangun relasi dan pertemanan bisa dikategorikan sebagai investasi non materi yang lainnya. Untuk mencari relasi atau teman baru itu bukan merupakan hal sulit, tetapi menjaga hubungan relasi dan mendapatkan teman yang "benar" tentu ada lika likunya.

Dalam sebuah hadits, Rasululah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan tentang peran dan dampak seorang teman :

“Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)
    Hadis ini mengandung makna bahwa paling tidak ada dua kemungkinan jika bersahabat dengan teman yang baik; kita akan menjadi baik atau minimal kita mendapati kebaikan teman kita. Ada banyak ilmu, hikmah, dan manfaat yang bisa kita petik dari teman kita.

    Menjaga hubungan baik dengan relasi atau teman-teman kamu, akan memberikan banyak manfaat di masa yang akan datang. Ketika kamu menghadapi berbagai permasalahan dalam hidup, relasi atau teman baikmu pasti tidak segan untuk membantu. Jadi, mulailah menjaga hubungan baik dengan semua relasi serta teman-teman kamu.

    Mungkin itulah beberapa poin investasi non materi yang bisa membuat hidup menjadi lebih bermakna dan bermanfaat. Ada yang ingin ditambahkan lagi? Semoga tulisan ini bermanfaat.

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers