Mungkin buat kamu yang baru pertama kali ingin membeli produk Apple dan mencarinya di online store bingung dengan berbagai macam keterangan mengenai garansi dari seller di description box dan juga soal garansi ini lumayan banyak ditanyakan buyer. Ada yang menawarkan garansi internasional atau biasa disebut inter, garansi nasional atau biasa disebut garansi resmi dan juga garansi distributor. Apa sih perbedaaan dari ketiga garansi itu?

Photo by Junior Teixeira from Pexels

    Ada beberapa macam produk Apple yang sudah pasti teman-teman ketahui juga yaitu iMac (komputer meja), MacBook (Laptop atau komputer jinjing), iPad (tablet), iPhone (smartphone), Apple watch (jam tangan pintar) dan yang lainnya. Produk Apple sendiri seperti yang kita tahu adalah produk yang dikeluarkan oleh perusahaan bernama Apple Inc. Yaitu sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California (Negara bagian yang terletak di pesisir barat Amerika Serikat).  Jadi produk ini merupakan produk yang berasal dari Luar Negeri dan belum memiliki perusahaan di Indonesia. Tidak ada Apple Store di Indonesia. Tetapi Apple memiliki banyak Authorized Reseller di Indonesia. Authorized Reseller adalah gerai yang menjual produk-produk Apple original. Contoh Authorized Reseller diantara lain adalah iBox, Digimap, Infinite, Erafone, dan lain-lain.

    Sepengetahuanku garansi international, resmi dan distributor merupakan penyebutan dari Seller untuk strategi pejualan produk Apple di Indonesia. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut aku coba breakdown sesuai dengan yang aku ketahui ya.

1. Garansi Internasional

    Untuk produk Apple garansi internasional ini paling banyak ditawarkan di online store dan banyak sekali peminatnya makanya semakin berkembang. Mengapa banyak peminatnya? karena harga produk Apple dengan garansi internasional lebih murah dibandingkan garansi resmi di Indonesia. Banyak yang beranggapan bahwa garansi Internasional jangkauannya lebih luas dan bisa diklaim di Negara manapun kita berada ketika produk yang digunakan sedang mengalami kerusakan. Tetapi sayangnya bukan seperti itu. Produk Apple tersebut memang produk asli dari Apple, tetapi produk tersebut tidak diproduksi untuk market di Indonesia. Bisa jadi barang tersebut masuk ke pasar Indonesia dengan cara illegal karena barang tersebut dibeli secara individu dari luar negeri kemudian dijual kembali di Indonesia. Mungkin ada yang dibeli dari negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Australia, dan lain-lain. 

    Garansi Internasional biasanya akan diberikan seller selama jangka waktu satu tahun dari pengaktifan produk. Tetapi tipe garansi ini akan membuat kita sedikit kesulitan untuk mengklaim garansinnya ketika dibutuhkan karena biasanya produk Apple dengan garansi Internasional yang dibeli harus diklaim ke Negara asal dimana produknya dibeli. Klaim garansi resmi saja bisa memakan waktu berbulan-bulan bagaimana yang Inter. Hehe. Untuk produk seperti iPhone biasanya IMEI atau S/N produknya belum terdaftar di distributor resmi Apple Indonesia. Untuk aksesoris produk Apple dengan garansi Internasional juga berbeda. Misalnya adaptor yang didesain sesuai saklar listrik di Negara tempat produksi seperti adaptor charger kaki tiga ini.

Adaptor charger kaki tiga

2. Garansi Resmi

    Garansi Nasional atau biasa disebut dengan garansi resmi dari produk Apple adalah garansi yang di-cover oleh distributor resmi di Indonesia. Yang populer adalah garansi iBox dan TAM. Jadi jika produk dengan garansi resmi ini mengalami kerusakan dan membutuhkan klaim garansi bisa di proses oleh distributor resmi tersebut. Garansi resmi terbatas selama satu tahun.  Untuk aksesoris produk Apple seperti adaptor misalnya langsung bisa digunakan tapa harus menggunakan turunan lagi ke sakelar listrik karena sudah didesain khusus untuk penggunaan di Indonesia. Harga produk Apple dari garansi resmi ini jauh lebin mahal karena mengeluarkan biaya-biaya lainnya seperti bayar pajak, bea cukai dan juga memiliki Gerai yang bisa ditemukan di Mall.

Adaptor charger Apple di Indonesia

3. Garansi Distributor

    Garansi Distributor yang dimaksud di sini adalah reseller yang tidak memiliki kotrak dengan Apple Inc. Bisa dibilang non resmi. Untuk garansi distributor produk Apple pada umumnya disebut garansi toko yaitu garansi untuk produk-produk lama Apple yang sudah tidak diproduksi lagi. Misalnya iPhone 4, iPhone 5 dan lain-lain. Biasanya dari distributor resmi pun sudah tidak ada stoknya lagi. Tetapi masih banyak konsumen yang masih mencari produk-produk lama tersebut. Maka, berkembanglah garansi distributor atau toko yang menyediakan produk-produk Apple lama tersebut tetapi dalam kondisi yang tidak sepenuhnya baru atau biasanya di sebagian kotak garansi distributor ini diberi keterangan refurbish (daur ulang) atau sering dikenal dengan rekondisi dengan harga yang tentunya jauh lebih murah. Walaupun secara langsung merupakan barang second, tetapi dari distributor biasanya memberikan waktu garansi sama seperti baru yaitu satu tahun. Namun tidak semua distributor memberikan pelayanan yang baik. Untuk aksesoris biasanya non original dan kebanyakan sparepart sudah diganti bukan original Apple lagi. Garansi distributor ini berbeda ya dengan barang preloved yang dijual dengan keterangan ex-resmi atau ex-inter. Produk Apple refurbish ini masih terbungkus plastik dengan rapih seperti baru.

    Jadi, pilihan kembali ke teman-teman lagi ingin memilih yang mana. Sekian sharing kali ini. Semoga bermanfaat #cmiiw

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers