Pekerjaanku yang mengharuskanku berinteraksi menggunakan gadget membuatku menjadi sangat bergantung pada gadget. Apalagi semenjak diberlakukannya WFH (Work From Home) karena pandemi covid19, dalam 24 jam setelah Aku hitung rata-rata Aku menghabiskan waktuku di depan gadget kurang lebih 12 jam. Selain karena pekerjaan, kegiatan lain yang aku lakukan juga menyertakan gadget di dalamnya seperti menulis, membuat konten video atau menggambar digital. Waduh, nambah berapa nih nanti minusnya. Wkwkkwk. 

    Bangun tidur lihat gadget, mau tidur cek gadget dulu paling nggak balesin chat yang belum terbalas. Hidupku terasa monoton sekali dengan aktvitas kegiatan yang aku jalani. Akhirnya, dua minggu kemarin Aku memutuskan untuk mengurangi intensitas kegiatanku dalam menggunakan gadget. Aku membatasi waktuku dalam menggunakan gadget supaya gak sebentar-sebentar lihat gadget.  Habit melihat gadget sudah seperti refleks saja bahkan di hari weekend pun begitu.

Berikut beberapa kegiatan yang menurutku bisa mengalihkan diri dari gadget :

1. Membaca Buku Fiksi

    Sebenernya Aku tuh kurang suka buku fiksi. Anaknya realistis. Wkwkwk. Bisa dihitung jari buku fiksi yang aku baca dan koleksi. Dari sekian banyak jenis buku fiksi aku lebih suka baca novel dengan diksi yang ringan, humoris dan dengan karakter tokoh yang memiliki profesi tertentu. Seru aja dapet insight baru tentang profesi lain. Selama ini novel yang beredar didominasi genre romance karena ini yang paling banyak laku di pasaran. Wkwk. Paling konfliknya seputar cinta segitiga, bad boy menyukai good girl atau sebaliknya atau orang ketiga dengan ending yang klise dan bisa ditebak.

    Ketika ingin membeli novel, Aku gak pernah sih melihat siapa penulisnya karena aku juga gak ada penulis favorit. Aku pasti membaca sinopsis di belakang cover bukunya atau mencari resensi novelnya terlebih dahulu. Jika menurut aku alurnya menarik, profesi tokohnya gak biasa dan bahasanya ringan, baru aku membelinya dan membacanya. Itu bisa membuatku betah berlama-lama membacanya sampai habis karena penasaran dengan ceritanya. Hehe.

    Aku kurang suka novel yang bahasanya berat dan harus mikir. Wkwkkwk. Ketika membaca novel, Aku mengimajinasikan tokoh dan alur ceritanya. Jadi, males aja kalau mau berimajinasi harus mikir dulu. Ini sih emang males mikir. Wkwk. 

    Ternyata dengan membaca novel fiksi jadi menyegarkan pikiranku kembali dan malah bisa jadi bahan tulisanku nih. Hehe. 

2. Berolahraga Outdoor

    Ketika weekend Aku berusaha melakukan olahraga outdoor dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Menghirup udara segar di pagi hari, terkena sinar matahari, merasakan angin semilir dan melihat pepohonan membuat tubuh dan pikiran segar kembali. Olahraga outdoor yang bisa dicoba misalnya joging, jalan kaki, bersepeda, inlineskate, panahan, tenis, golf, berkuda, dll.

    Ketika ingin melakukan olahraga outdoor, persiapkan peralatannya dari semalam ya mulai dari baju dan sepatu yang akan digunakan, alat-alat olahraga, bahkan kalau perlu isi botol minumnya sekalian supaya pagi-paginya gak mager dan malah scroll sosmed di atas tempat tidur. Hehe. Kalian bisa juga mengajak anggota keluarga supaya tambah semangat.

3. Mempelajari Hal Baru

    Mempelajari hal baru ini tergantung minat kalian kemana sih. Bisa dengan mencoba becocok tanam di taman atau kebun, kursus menjahit, menggambar atau melukis manual, membuat hand lettering, mewarnai buku gambar for adult, menulis, mencoba resep masakan, membuat kue, membuat hand craft, fotografi dan lain-lain. Siapa tau dengan mempelajari hal baru bisa membuka bisnis sampingan juga kan. Hehe.

4. Mengisi TTS

    Aku iseng membeli buku TTS dan mengisinya. Ternyata lumayan lho menambah pengetahuan dan bisa mengalihkan diriku dari mengecek gadget. Hehe.

5. Grocery shopping

    Aku lebih suka berbelanja kebutuhan makanan secara langsung dibandingkan online. Suka aja lihat produk-produk berjejer di rak-rak, melihat kemasan dan bentuk makanan yang unik-unik, mendorong troli ke sana kemari. Menurutku ini salah satu bentuk refreshing juga supaya gak inget gadget.

6.  Berinteraksi Dengan Anggota Keluarga

    Seberapa sering kita berinteraksi langsung dengan anggota keluarga dibandingkan dengan daftar kontak yang ada di smartphone kita? Kita bisa bercerita, bertukar pikiran atau melakukan kegitan bersama dengan anggota keluarga untuk mengalihkan pikiran kita dari gadget. Misalnya dengan bermain ular tangga, monopoli, piknik di halaman belakang, berkebun atau memasak bersama. Usahakan ketika sedang bersama tidak sambil memegang gadget

7. Memelihara hewan

    Jika kalian suka hewan dan orang yang telaten, mungkin kalian bisa mencoba memelihara hewan dan mengajaknya bermain. Misalnya ikan hias, kelinci atau kucing. Tingkah mereka yang lucu-lucu bisa meningkatkan hormon kebahagiaan juga lho.

    Mungkin segitu aja cara sederhana mengalihkan diri dari gadget. Ada ide lain aktivitas yang tidak menggunakan gadget? Semoga bermanfaat ya.

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers