Di Hari Raya Idul Adha kemarin aku mendapatkan daging sapi dari panitia kurban lalu aku bikin jadi sate karena di rumah jarang banget makan sate daging kecuali dapet akikah dari tetangga. wkwkwk. Iseng aku upload di story IG banyak juga netijen yang DM minta resepnya. Oke baiklah, berikut aku share resep sate daging sapi yang Aku buat ya.


 

Bahan Utama
1. Daging sapi dikasih panitia kurban. Aku menggunakan sekitar 500 gr.
2. Dua lembar daun pepaya. Kalo nggak ada ganti buah nanas.
3. Minyak goreng.
4. Kecap Manis.
5. Tusuk Sate.

Bumbu Marinasi (Ini sesuai selera ya jumlahnya. Aku gak pernah takar sebenernya. Wkwkwk)
1. 10 butir bawang merah ukuran sedang.
2. 6 butir bawang putih ukuran sedang.
3. Ketumbar. Setelapak tangan aku kurang sedikit. Kira-kira 3 sendok teh kali ya.
4. Jintan. Aku pake setengah bungkus. Kira-kira setengah sendok teh kayaknya.
5. Jahe. Setengah ibu jariku. Kalian kira-kira aja ya. wkwkwk. Bingung juga aku kalau disuruh ukur dalam hal masak memasak. Wkkwk.
6. 1/2 sendok makan garam.

Bahan Pelengkap
Butter. Aku pake unsalted butter anchor. Kalo gak ada pake margarin atau mentega. Pokoknya yang ada aja di rumah. Wkkwk.

Cara Membuat
1. Potong-potong daging sapi. Ukuran potongnya jangan terlalu besar ya supaya daging cepat matang secara merata. Gak usah diukur pake penggaris juga sih. wkwkwk.

2. Setelah daging dipotong-dipotong. Remas-remas daun pepaya tadi lalu bungkus daging dengan daun pepaya di dalam wadah. Kalau gak ada daun pepaya, bisa diganti menggunakan nanas yang diblender. Beli nanasnya minta sekalian udah dikupas dan sudah dibuang bintik-bintik hitamnya aja sama abangnya biar gak makin drama masaknya. wkwk. Jangan lupa dicuci dulu nanasnya. Siramin nanas yang sudah diblender ke daging sapinya tadi secukupnya aja ya. Diamkan kurang lebih 1 jam karena aku tinggal nyuci. wkwkkw. Kalau laper banget 1/2 jam cukup. Hal ini supaya membuat daging empuk. Dagingnya jangan dicuci pakai air ya. Nanti jadi ada kandungan airnya dan bikin keras. Rasa gurihnya juga pudar.

 daging yang dibungkus daun pepaya

3. Sementara nunggu daging, kita haluskan bumbu marinasinya. Kalau aku sih suka diulek pake cobek semua bumbunya. wkwkkw. Tapi kalau males yaudah blender aja semua. Wkwkwk. Setelah bumbu halus, campurkan dalam wadah dengan kecap manis dan minyak goreng seikhlasnya.

4. Daging yang tadi sudah didiamkan 30 menit atau 1 jam lalu dicampurkan ke bumbu halus tadi. Aduk-aduk daging dengan bumbunya sampai tercampur rata. Pake tangan aja. Jangan lupa cuci tangan dulu. Wkkwkwk. Kalu sudah, bungkus wadah dengan plastik wrap makanan. Kalo nggak ada, pake apa aja dah terserah buat nutupnya. Simpan di kulkas selama kurang lebih 1 jam biar bumbu meresap. 

  daging yang dimarinasi dengan bumbu dan dilapisi plastik wrap

5. Kalau sudah dimarinasi selama 1 jam keluarkan daging berbumbu tadi dari kulkas. Tusuk-tusuk menggunakan tusuk sate. Bukan sapu lidi ya. Wkwkwk. Jangan lupa dicuci dan direndam dulu tusuk satenya di air panas biar steril.

6. Kalau sudah selesai, tinggal di bakar deh. Kalo aku bakarnya menggunakan happy call yang aku olesin butter dulu sebelumnya. Tinggal ditutup. Lalu dibalik sampai matangnya merata. Kalau gak ada happy call, sesuaikan aja sama alat masak yang ada di rumah masing-masing ya.

 sate dibakar menggunakan happy call

    Udah deh jadi satenya. Aku dapet 21 tusuk. Kalian bisa tambahin acar timun, cabe, bawang ala abang-abang sate gitu sebagai pelengkapnya. Makan bersama nasi hangat dan keluarga mantab rasanya. Hehe. Jangan lupa cuci peralatan masaknya yang numpuk di dapur. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers