Kalian pasti sudah tahu kan cara menyimpan file document di photoshop atau illustrator? Tapi apakah kalian sudah tahu perbedaan save as dengan save for web?

    Sebeneranya save as dan save for web sama-sama bisa menyimpan file dengan format jpeg, png dan gif. Lalu apa perbedaannya? Jika save as kita bisa menyimpan filenya dengan resolusi yang tinggi (Standar DPI tinggi adalah 300 DPI) gambar lebih tajam dan bisa digunakan untuk proses percetakan karena save as juga memberi pilihan penyimpanan dengan format psd ataupun pdf yang bisa kita edit ulang (raw file). Jika percetakan menggunakan resolusi dibawah itu, maka hasil yang didapatkan gambar akan terlihat pecah dan kurang baik apalagi jika dilihat detail dari dekat. Namun ada beberapa media cetak yang menggunakan resolusi DPI (Dot Per Inch) yang lebih rendah biasanya ini diperuntukkan untuk sesuatu yang dilihat lebih jauh. Misalnya billboard segede gaban di jalanan menggunakan resolusi 45 DPI. Ukuran file dengan resolusi tinggi juga jauh lebih besar. Bisa mencapai sekian MB (megabyte) atau bahkan GB (gigabyte). Udah kayak beban hidup gedenya. save as juga mengukur satuan panjang dengan centimeter, millimeter dan sebagainya.

    Sedangkan untuk save for web, file disimpan ke resolusi yang lebih kecil (72 PPI) karena untuk di-upload di dunia digital. Misalnya website atau media sosial. Layar monitor akan dilihat dari jauh tidak seperti hasil print yang bisa di dilihat dari dekat. Hal ini membuat 72 PPI (Pixel Per Inch) lebih efektif untuk keperluan digital. Website akan jauh lebih ringan dan lebih cepat membuka gambar dengan resolusi 72 PPI. Kamu gak suka nunggu pas akses ke sebuah website yang loading-nya lama kan? Udah ditinggal mandi, makan, umroh, masih loading juga. Hehe. Save for web mengukur satuan panjang dengan pixel.

    Jadi begitu penjelasannya. Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Silakan dikoreksi jika ada yang kurang tepat. Masih sama-sama belajar :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers