Mungkin sudah banyak yang pernah melihat logo dengan menggunakan negative space, tetapi belum tahu kalau namanya negative space logo. Hehe. Jadi apa sih negative space logo? yang seperti apa bentuknya?

    Negative space adalah sebuah teknik membuat sebuah gambar dengan memanfaatkan ruang kosong. Jadi, dengan ruang kosong, terciptalah sebuah gambar. Teknik ini biasanya digunakan dalam pembuatan logo, sehingga logo yang dibuat memiliki efek visual yang bisa menambah ketertarikan dan mudah mengingatnya bagi yang melihat desain pada logo tersebut. Negative space disebut juga Double Meaning karena bisa menciptakan arti ganda pada sebuah logo. Kamu akan menemukan gambar tersembunyi, inisial dari sebuah brand atau detail tambahan tentang brand. Ada gambar di dalam gambar, gambar di dalam huruf atau huruf di dalam gambar. Pusing ya? Hehe. Oke, biar lebih jelas berikut merupakan penampakan salah satu logo terkenal yang menggunakan teknik negative space.

     

    Secara sekilas kamu mungkin hanya akan melihat tulisan FedEx saja pada logo di atas. Tetapi apakah kamu bisa melihat ada sebuah anak panah ke kanan diantara huruf e dan x? seperti itulah contoh negative space pada logo dimana para Desainer menggunakan warna, mengosongi ataupun menggunakan suatu bentuk antar dua objek atau lebih untuk menciptakan visual yang menarik atau untuk menyampaikan maksud dari logo tersebut. 

    Panah ke kanan itu ada juga maknanya lho. Lindon Leader Sang Designer, sebelum mendesain logo tersebut sempat melakukan survey mengenai perilaku dan kondisi kerja di Federal Express (Fedex), sebuah perusahaan jasa pengantaran multinasional yang berkantor pusat di Memphis, Tennessee, Amerika. Hasilnya ia menemukan bahwa karyawan di Fedex kurang memiliki motivasi dan kepemilikian atas perusahaan. 

    Ketika Lindon Leader melakukan presentasi mengenai logo FedEx ini, ia menjelaskan arti simbol panah itu yakni arrow of movement and thinking, dimana ia menjelaskan bahwa perusahaan harus memiliki komitmen dalam pengiriman, yakni cepat sampai, dan juga panah melambangkan pemikiran postif bahwa perusahaan pasti akan maju (optimisme). Lindon Leader mendesak agar keberadaan simbol panah ini dipresentasikan kepada seluruh jajaran karyawan agar setiap kali karyawan melihat logo ini, yang pertama kali terlihat adalah tanda panah itu. Optimisme dan komitmen ini yang akhirnya membawa perusahaan berkembang lebih pesat.

Berikut contoh penggunaan teknik negative space pada logo lainnya.


    Tipografi yang has membentuk bibir dengan tulisan Mister Cooper. Bisakah kamu melihat negative space dengan tulisan ice cream di sana? unik ya. Hehe

    Jadi kesimpulannya, negative space adalah suatu bentuk menarik yang terbentuk dari ruang kosong antar dua objek atau lebih. Semoga bermanfaat #cmiiw

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers