Dari sekian banyak kalimat basa basi ketika ketemu temen lama kenapa sih harus memilih untuk mengatakan "Kamu gemukan deh kayaknya" Atau "kamu iteman deh. Main layangan terus ya?" atau "Ih kamu kurus banget. Banyak utang ya?" dan semua hal-hal lain yang berhubungan sama fisik. Biasanya sesama perempuan nih yang basa basi begini. Hehe. Emang kenapa kalo gemukan? iteman? kurusan? Masalah buat anda? Wkwkwk. Apakah kamu sales obat yang mau nawarin produk pelangsing atau penggemuk badan? Atau kamu jualan skincare yang bisa bikin kulit sebening berlian biar temen kamu beli produk kamu dengan bilang begitu? Kenapa gak memilih kalimat sapaan yang lebih positif misalnya nanya kabar kek "Apa kabar? Sehat kan? Udah lama ya kita gak ketemu" atau "baju kamu cantik banget. Pas banget kamu pakai".

Photo by Zen Chung from Pexels

    Ya walaupun temen kamu itu tambah gemuk atau tambah kurus atau warna kulit temen kamu lebih gelap dari terakhir kamu ketemu gak berarti butuh penguatan pernyataan dari kamu. Gak perlu diperjelas. Ya dia emang lebih gemuk tanpa kamu perlu bilang. Itu bukan sesuatu yang menunjukan kalo kita peduli sih menurut aku.  Kalau kamu peduli sama temen kamu mungkin bisa diperhalus dengan "Tiap hari minggu kamu ada waktu gak? Olahraga bareng yuk di Taman Bunga Bangkai aja sambil cari udara segar" atau "Eh aku ada hadiah buku buat kamu (buku tentang diet). Kita sehat sama2 yuk". Bukan ngomong "kamu gendutan ih. Jelek banget. Diet dong". Minta ditabok ini sih gak ngasih solusi. Wkwkwk. 

    Tadinya aku juga berpikir bahwa itu hanya candaan sampai pernah ketika temanku menyapa teman lama kami dengan basa basi seperti itu teman lama kami memberikan reaksi bahwa dia keberatan dibilang seperti itu dan ekspresi dia jadi sedih. Well, aku jadi berpikir bisa jadi kalimat basa basi yang kita anggap guyonan itu bikin temen kita jadi insecure dan kurang bersyukur. Mungkin dia ikut tertawa atau tersenyum di depan kita. Tetapi kita tidak tahu isi hatinya. 

    Apakah kamu pernah berpikir bahwa teman kamu yang ukuran tubuhnya menjadi lebih besar mungkin sedang menikmati uang dari kerja kerasnya bertahun-tahun untuk mencoba berbagai makanan yang belum pernah dicoba sebelumnya? atau pernahkah kamu berpikir bahwa mereka yang warna kulitnya menggelap bisa jadi setiap hari harus jalan kaki dari stasiun ke kantor supaya lebih hemat ongkos? Atau teman kamu yang terlihat lebih kurus sedang ada beban pikiran karena ada keluarganya ada yang sakit?

    Pernah gak berpikir seperti itu? Kalau belum biasakan berpikir sebelum berucap dan juga mengetikan komentar melalu jarimu. Berusahalah menyampaikan sesuatu dengan santun. Sederhana saja, jika kita tidak senang dan tidak mau dikomentari seperti itu, maka jangan pernah melakukannya pada orang lain. Bicara yang baik atau diam. Ini sebagai pengingat aku juga sih. Bukan berarti aku paling benar dan gak pernah salah. Semoga tulisan ini menjadi pengingat kita dan bisa diambil manfaatnya.

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers