Banyak Freelancer Designer yang masih bingung dalam menentukan untuk harga desain yang akan ditawarkan ke Klien. Menghitungnya gimana? Dari segi apa saja sih? Takutnya harganya kemahalan atau kemurahan. Semoga tips berikut ini membantu ya.

 Photo by Inga Seliverstova from Pexels

1. Hourly

    Tips yang pertama dalam menentukan harga desain adalah dengan sistem per jam yang digunakan untuk membuat desain. Misalnya harga per jam seorang Desainer adalah $25. Jika ada Klien yang membutuhkan jasa desain logo dan setelah dihitung kira-kira membutuhkan waktu sekitar 10 jam untuk membuatnya. Maka harga yang diajukan adalah $25 x 10 jam = $250.

    Jika ada revisi dari Klien, maka otomatis jumlah jamnya akan bertambah. Makin banyak revisi, maka semakin banyak uang yang diterima.

2. Per Page

    Tips yang kedua adalah dengan menentukan harga per halaman yang disetujui oleh Klien. Tips ini bisa digunakan ketika mendapatkan project pembuatan desain website, apps atau layout buku atau majalah.

    Misalnya harga per page seorang Desainer adalah $10. Jika ada Klien yang membutuhkan jasa desain website dengan total 15 pages, maka harga yang diajukan adalah $10 x 15 pages = $150.

    Jika di satu pages terdapat revisi yang sangat banyak, maka waktu pengerjaannya akan bertambah, tetapi uang yang diterima tidak bertambah. Tipsnya adalah naikan sedikit harga untuk kemungkinan adanya revisi.

3.  Fixed Price

    Tips yang ketiga adalah menentukan harga awal untuk sebuah project. Misalnya ada seorang Klien yang membutuhkan jasa mendesain apps. Klien bercerita bahwa apps yang akan dibuat bisa melakukan ini dan itu. Setelah mempelajari desain brief dari klien dan membayangkan desain apps yang akan dibuat lalu kesulitannya apa saja, Desainer mengajukan harga $300. Jika Klien setuju, maka $300 adalah fixed price untuk desain apps yang akan dibuat. 

    Jika project-nya banyak revisi, mengakibatkan pengerjaannya menjadi sangat lama. Tipsnya adalah bicarakan dengan Klien untuk penambahan cost-nya jika diperlukan.

    Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang ingin berkarir sebagai Freelancer Designer. Yang perlu diperhatikan adalah sesuaikan harga dengan skill, jam terbang dan service yang diberikan.

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers