Buat kamu yang baru ingin menggunakan aplikasi-aplikasi desain dari Adobe, misalnya Adobe photoshop, Adobe illustrator, dll. untuk membantu menyelesaikan pekerjaan desain, kamu mungkin bingung apa perbedaan Adobe yang berakhiran dengan cs dan yang berakhiran dengan cc?


Sebelumnya kita berkenalan dulu dengan Adobe CS dan Adobe CC.

Adobe CS
CS dibelakang kata Adobe merupakan singkatan dari Creative Suite. Adobe CS merupakan versi tedahulunya sebelum lahirnya Adobe CC. Produk-produk Adobe CS ada tambahan angka di belakangnya. Misalnya Adobe Photoshop CS 3, CS 4, CS 5 dan CS 6 merupakan versi terakhir yang dikeluarkan untuk versi Adobe CS sekitar tahun 2013. Perbedaan angka di belakang CS itu hanya merupakan versi upgrade dari pengembangan aplikasinya saja, tidak ada perbedaan yang mencolok secara teknis.

Adobe CC
CC di belakang kata Adobe merupakan singkatan dari Creative Cloud. Adobe CC merupakan versi upgrade dari CS. Produk-produk Adobe CC ada tambahan tahun di belakangnya. Misalnya Adobe photoshop 2019, 2020, 2021 dan setiap tahunnya akan terus mendapatkan upgrade.

 

Tampilan Adobe hotoshop CC 2021
 

        Oke, setelah berkenalan dengan Adobe CS dan CC, berikut merupakan ulasan perbedaan Adobe CS dan CC yang aku bagi dalam beberapa poin.

Adobe CS (Creative Suite)

  1. Pembelian lisensi sekali seumur hidup dan berlaku permanen dengan meaktifkannya menggunakan serial number yang diberikan ketika membeli aplikasinya berupa CD. 
  2. Harganya lumayan mahal karena untk lisensi seumur hidup. Untuk 1 aplikasi Phostohop CS 6 saja dibandrol dengan harga 4 juta untuk lisensi perorangan dan 8 juta untuk lisensi perusahaan.
  3. Tools yang terdapat pada aplikasi tidak mendapatkan update terbaru dari Adobe karena belum mendukung sistem cloud computing.
  4. Secara instalansi dilakukan offline layaknya software pada umumnya. Penggunaan aplikasi, hanya bisa dibuka dan digunakan di PC atau laptop yang sudah ter-install aplikasi Adobe (Misalnya adobe photoshop) dengan mengatifkan serial number yang didapatkan ketika membeli aplikasi ini. Untuk personal, serial number hanya bisa digunakan maksimal 2 device. Disarankan spesifikasi pc/laptop harus bisa menjalankan Adobe versi CS ini.
  5. Untuk penyimpanan dan pengolahan project,  hanya bisa dilakukan secara offline menggunakan memori internal yang ada di PC atau laptop kalian. Untuk transfer data masih menggunakan alat-alat pendukung lainnya seperti flashdisk ataupun email.
  6. Jika project desain ingin dilanjutkan oleh rekan lainnya, maka PC/laptop rekan lainnya tersebut harus ter-install program Adobe yang digunakan juga untuk melakukan pengeditan.

Adobe CC (Creative Cloud) 

  1. Pembelian lisensi ada jangka waktu tertentu tergantung paket yang diambil saat pembelian aplikasi. Ada yang 1 bulan, 6 bulan sampai satu tahun karena sistem penjualan yang ditawarkan Adobe CC merupakan sistem sewa. Jika masa lisensi sudah habis dan tidak melakukan perpanjangan, maka aplikasi tidak akan bisa digunakan lagi.
  2. Harganya relatif murah karena sistem sewa. Harga sewa beragam tergantung paket yang diplih. Disesuaikan saja dengan kebutuhan ketika mengambil paketnya. Dimulai dari 130 rb-an.
  3. Tools yang digunakan pada aplikasi akan terus mendapatkan update terbaru dari Adobe karena sudah mendukung sistem cloud computing.
  4. Secara instalansi dilakukan secara online. Kamu akan memiliki Creative Cloud Account. Nanti kamu bisa login ke account tersebut supaya aplikasinya bisa dipakai dan kamu bisa buka di PC atau laptop manapun dengan akun Adobe Console dan kamu bisa mengatur siapa saja yang boleh menggunakan aplikasi yang ada di akun tersebut. Dengan begitu, aplikasi tidak akan bisa digunakan oleh sembarangan orang.
  5. Untuk penyimpanan dan pengolahan project, bisa menggunakan cloud storange dengan kapasitas hingga 20 GB. Sehingga bisa menghemat memori internal PC/laptop dan bisa mengakses data darimana saja dan kapan saja dengan akses internet.
  6. Jika project desain ingin dilanjutkan oleh rekan lainnya, maka PC/laptop rekan lainnya tersebut tidak harus ter-install program Adobe yang digunakan untuk melakukan pengeditan. Tinggal memberi akses izin untuk menggunakannya seperti pada point 4 dan rekan tersbut memiliki akses internet yang memadai.

        Jadi mana yang harus dipakai? kesimpulannya adalah Adobe CS (Creative Suite) lebih fokus untuk digunakan secara oflline sedangkan untuk Adobe CC (Creative Cloud) lebih fokus untuk digunakan secara online. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi project yang dijalankan. Jika project harus sering dijalankan online, maka gunakan Adobe CC. Tetapi jika project lebih banyak dilakukan secara offline, kamu bisa menggunakan Adobe CS. Semoga bermanfaat.

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers