Bangkit dan melawan rasa malas memang bukanlah hal yang mudah. Tetapi, bukan berarti kita kemudian menyerah dan kalah begitu saja. Berikut sedikit tips yang bisa membantumu bangkit dari rasa malas dan bangkit menjadi diri yang lebih produktif.

 Photo by Artem Podrez from Pexels

1. Tumbuhkan Kesadaran dalam Diri Tentang Waktu 

    Waktu yang kita miliki hanya sebentar di dunia ini. Tidak banyak. Berkurang jatah wakktu kita setiap harinya. Berkuranglah juga sisa usia kita. Banyak orang-orang yang beranjak memasuki usia senja menyesal tidak memanfaatkan waktu di masa mudanya dengan baik. Semoga kita bukanlah salah satu dari mereka. Jangan terlena dengan masa muda. Tumbuhkan motivasi dari dalam diri sendiri kalau kita bermalas-malasan itu tidak ada gunanya, justru itu merupakan kerugian yang besar. Betapa berharganya waktu karena waktu yang sudah terlewati hari ini takkan pernah kembali lagi. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. 

2. Mulai Atur Hidup

    Kita bisa mengawalinya dengan membuat plan tau rencana. Buat target jangka pendek dan jangka panjang. Apa target besar yang ingin kita raih. kemudian pecahkan menjadi target-target kecil yang kalau disusun mengantarkan kita ke target besar itu.

    Misalnya target besar kamu adalah bisa mendapat beasiswa Ke luar negeri. Lalu kamu bisa membuat target kecilnya dengan mengikuti kursus bahasa inggris supaya nilai toefl dan ielts bisa tercapai, lalu mencari informasi beasiswa ke berbagai lembaga penyedia beasiswa atau browsing di internet, sharing dengan teman atau orang lain yang pernah mendapatkan beasiswa dan seterusnya. 

    Aku pribadi suka menuliskan target-targetku di dinding kamar dengan tulisan yang besar-besar dan membuat langkah-langkahnya untuk mencapai target besar itu di buku catatan. Jadi, ketika rasa malas datang, aku selalu membacanya dan itu bisa memotivasiku.

3. Memaksakan Menyibukan Diri

    Sebagai manusia, di dalam diri kita ini ada nafsu. Nafsu ini kalau dimanjain nggak akan ada habisnya. Jangan sampai nafsu yang mengontrol diri kita. Kita yang harus memegang kendalinya. Maka dari itu diperlukan usaha untuk “menjinakannya” dan hal itu bisa dimulai dari paksaan. Awalnya memang berat banget, namanya juga dikerjakan dengan terpaksa. Tetapi, terus paksakan melakukan hal-hal bermanfaat apapun itu. Lama kelamaan juga akan “jinak” dan Insya Allah kita nggak akan lagi merasa terlalu berat untuk melakukan hal-hal produktif dan bermanfaat.

4. Berteman dengan Orang-orang baik dan Positif 

    Mungkin kita sudah tidak asing dengan kutipan “jika kita berteman dengan penjual minyak wangi, maka Insya Allah kita juga akan ketularan wanginya”. Sama seperti itulah sebuah pergaulan dan pertemanan. Secara di alam bawah sadar, kita akan terpengaruh dengan hal-hal yang dimiliki oleh sekitar kita. 

    Carilah teman yang bisa mendorong kita untuk semakin melakukan hal-hal positif dan menjadi produktif. Kamu bisa bergabung dengan komunitas yang bisa membantu membangkitkan semangat karena lingkungan memiliki pengaruh yang besar bagi seseorang. Berjuang bersama yang sefrekuensi dan sevisi akan memudahkan langkah kita. Jadi perluas petemanan untuk sharing dan berbagi positive vibes. Berlomba-lomba dalam kebaikan.

5. Membaca atau Mendengarkan Motivasi

    Kita bisa membaca buku-buku motivasi atau biografi orang-orang hebat supaya tergambar bagaimana mereka memanfaatkan masa mudanya, bagaimana semangat dan perjuangan mereka. Jangan takut keluar dari zona mager.

6. Berdoa Minta Dimudahkan oleh Allah

    Allah Yang Membolak-balikan hati manusia. Jangan lupa selalu awali hari dengan berdoa karena kita nggak akan bisa melakukan apa-apa tanpa pertolongan-Nya dan atas izinNya. Jadi, selalu minta tolong sama Allah supaya diberikan kemudahanan untuk kita melakukan hal-hal yang bermanfaat.

7. Berusaha Meninggalkan Dosa

    Bisa jadi rasa malas yang terus menguasai diri kita karena dosa-dosa yang kita lakukan sehingga terhalanginya diri kita dari hal-hal yang bermanfaat untuk melakukan kebaikan. Minta ampunan pada-Nya dan tutupi keburukan itu dengan melakukan hal-hal yang baik.

    Yuk generasi rebahan sudah saatnya kita bangkit dan menciptakan perubahan. Jangan menyerah begitu saja dengan keadaan. Meskipun terasa berat, kita harus  tetap semagat berjuang. Dimulai dari diri sendiri. Semoga tulisan ini bermanfaat. Dari aku yang masih perlu banyak belajar juga :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers