Indonesia kini  memasuki bulan kelima belas masa pandemi virus corona sejak awal Maret 2020. Selama pandemi ini, apakah kamu pernah mengikuti online course? Kenapa kamu tertarik mengikuti online course? Apakah ingin mengoleksi sertifikat?

    Tujuan orang mengikuti online course bervariasi. Ada yang ingin menambah pengetahuan baru dan memperluas wawasan, ada juga yang harus belajar ekstra demi karir atau demi lulus mata kuliah yang sedang diambil. Tetapi, Apakah sertifikat online course seperti Udemy, edX, Coursera, SkillShare, dll. itu berguna saat melamar pekerjaan ke sebuah Perusahaan?

 Photo by Olya Kobruseva from Pexels

    Menurut saya, sertifikat MOOC (Massive Open Online Course) atau kursus terbuka secara daring dan massal tidak se-powerfull itu. Seringkali tidak diakui Rekruter. Namun sertifikat ini akan menjadi nilai tambah. Walaupun beberapa sertifikat MOOC yang menyediakan degree certificate (gelar akademik) ada yang diakui juga, tetapi sebaiknya sih untuk memperoleh gelar akademik, kamu tetap menempuh studi lanjut dengan mendaftar di Universitas pilihan kamu.    

    Kamu tetap bisa melampirkan sertifikat MOOC di CV (Curriculum Vitae) kamu kok. Ini menunjukan inisiatif belajar kamu yang tinggi. Kamu bisa mendapat pengetahuan lain dan belajar tentang hal-hal yang baru. Jarang orang yang berniat mengeluarkan uang untuk sertifikat MOOC. Dari sisi penyedia lapangan kerja, mereka tentu lebih senang dengan pegawai yang mempunyai pengetahuan luas dan terampil dalam melakukan banyak hal. Dunia kerja selalu mencari orang yang mau belajar dan mengembangkan dirinya.

    Well, meskipun sertifikatnya tidak powerfull, tetapi online course itu worth it kok kalau kamu dapetin sertifikatnya memang dengan belajar sungguh-sungguh, memahami materinya dan mengaplikasikannya, bukan dari hasil nyontek karena sejatinya sertifikasi digunakan sebagai bukti formal bahwa seseorang telah melalui suatu proses dan dalam proses tersebut tidak dapat dijamin bahwa yang mengerjakan proses adalah si pemilik sertifikat. Hehe.

    Ilmu yang kamu dapat dari online course bisa meningkatkan pengetahuan kamu dan mungkin akan membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan di kemudian hari karena yang paling ditekankan dalam dunia kerja adalah pengalaman kerja secara nyata dan course tidak menjadi tolak ukur penguasaan materi. Butuh pembuktian.

"It's not about the certificate, it's all about the learning itself!"

    Demikian. Semoga bermanfaat :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers