Aku sangat merekomendasikan buku yang berjudul "Steal Like An Artist. 10 Things Nobody Told You About Being Creative" ini untuk dibaca. Buku ini berbahasa inggris terdiri dari 160 halaman dan merupakan karya dari Austin Kleon. Buku ini membahas proses kreatif yang bisa diaplikasikan ke semua bidang kehidupan dengan cara yang gak biasa.

    Buku ini diawali dengan pertanyaan yang ditanyakan oleh setiap Seniman "Where do you get your ideas?" The honest artist answers "I steal them". Ini sangat menarik. Bahwa untuk menemukan sebuah ide, kita terinspirasi dari hal lainnya. Nothing is original. Penulis Jonathan Lethem berkata bahwa Orang-orang yang mengatakan sesuatu yang "original" mereka tidak tahu referensi sumber aslinya. Apakah ada karya yang benar-benar orisinal? Orisinalitas adalah Ilusi. karya manusia yang benar-benar orisinal itu nggak ada. Kenapa? karena pada dasarnya, bisa dibilang karya yang dihasilkan meniru atau mengadaptasi dan mengembangkan dari ciptaan Allah. Sumbernya bisa dari Alam semesta, baik Daratan, Lautan, Sungai, Danau, Tumbuhan, Manusia, Binatang, Langit, awan, Matahari, Bulan, dll. What is originality? undetected plagiarism (William Ralph Inge). 

    Kalian pernah membaca sebuah novel atau menonton film yang ceritanya terasa dejavu? kok ceritanya seperti sudah pernah dibaca atau ditonton sebelumnya ya? hal tersebut adalah contoh dari seorang penulis atau pembuat film yang mencuri mentah-mentah dari ide cerita yang sudah pernah dipublikasikan sebelumnya. Pencuri ide yang lihai akan memperlihatkan sebuah karya bisa terkesan asli alias original miliknya. Padahal dia melakukan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Jadi, plagiarisme adalah mencoba menganggap karya orang lain sebagai milik kita. Bukan hasil modifikasi.

    Saat membuat sebuah karya, Austin mengatakan kita harus mencari referensi sebagai sumber inspirasi agar hasil karya kita bagus. Misalnya kita ingin membuat cerita fiksi tentang persahabatan. Kita bisa mencari referensi cerita dari Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata, 5 cm Karya Donny Dhirgantoro, Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi, dan lain sebagainya.

    Pada chapter berikutnya, Austin mengatakan jika kita ingin membuat karya yang bagus, mulailah dari hal yang kita suka bukan dari hal yang kita tahu karena dari hal yang kita sukai, kita akan terus merasa penasaran lalu berusaha terus mencari tahu dan kita akan berusaha lebih keras menyelesaikan sebuah karya lebih maksimal. 

    Dalam ruangan kerjanya, Austin memiliki dua meja. Meja pertama dia menyebutnya "analog" dan meja satunya lagi disebutnya "digital". Meja "analog" terdapat spidol, pulpen, pensil, kertas, sticky notes dan koran. Tidak ada alat-alat elektronik di meja ini. Proses di meja "analog" akan meninggalkan jejak sketsa, goresan, dan ide yang dituangkan dalam selembar kertas. Sedangkan di meja "digital" terdapat barang-barang elektronik seperti laptop, drawing tablet, scanner, dll. Di meja "digital" ini adalah proses dimana pengembangan dari hasil brainstorming dari meja "analog".

    Saat kita telah menerbitkan karya. Ntah itu berupa tulisan, gambar dan lain sebagainya akan banyak komentar-komentar dari orang lain yang datang mengomentari karya kita baik itu berupa pujian ataupun cemohan. Kita tidak bisa mengontrolnya dan memang bukan kapasitas kita lagi. 

    Jika kita termotivasi dengan komentar baik, tidak ada salahnya untuk mendokumentasikan komen-komen positif yang datang kepada kita agar sesekali bisa kita buka saat kita kehilangan semangat mengerjakan dan menyelesaikan karya kita. Sedangkan, untuk komentar buruk bisa kita buang saja jika hal tersebut membuat kita mudah down, kita tidak harus menanggapi mereka. Bikin hidup jadi ribet saja katanya. Hehehe.

    Kita juga disarankan untuk tidak mencari musuh dan terus mencari teman dari berbagai kalangan agar kita bergaul luas dan akhirnya mendapat banyak inspirasi membuat karya.

    Nah itu tadi hasil resensi dari buku Steal Like an Artist karya Austin Kleon. Menurutku buku ini ringan banget untuk dibaca dan memberikan insight sih. Penjelasannya tidak bertele-tele dan langsung to the point. Selamat membaca. Semoga bermanfaat :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers