Apakah menjadi Desainer Grafis perlu membaca buku? kan cuma gambar-gambar aja kerjaannya (yang ada di pikiran orang-orang). Hehe. Tentu perlu juga dong mencari literature untuk mengembangkan ilmu. Dalam dunia desain grafis, ada buku teknis dan buku teori. Buku teknis dalam tulisan ini maksudnya buku-buku yang menjelaskan secara teknis desain grafis. Misalnya buku cara menggunakan aplikasi-aplikasi untuk mendesain. Dimulai dari membuat ukuran canvas, menggunakan tools dan lain sebagainya. Sedangkan buku-buku teori menjelaskan dasar-dasar desain grafis. Misalnya, buku tentang teori warna, bagaimana mengkombinasikan warna, apa saja makna dari masing-masing warna, pengaruh psikologi dalam pemilihan kombinasi warna, dan lain sebagainya. Buku teknis banyak banget tersedia di toko buku sedangkan untuk buku teori bertema desain di Indonesia cukup sulit ditemukan. Sehingga lebih banyak referensi dari buku luar.

 

    Buku-buku desain grafis biasanya dicetak full color dengan kertas art paper. Jadi seperti membaca majalah gitu. Buat aku pribadi, harganya lumayan mahal sih kalau beli buku fisik karena memang kualitas kertas, tinta dan cetaknya berbeda. Ya, bayangin aja kalau buku teori warna tetapi penjelasan dalam bukunya hitam putih. Gak kelihatan warnanya. Hehe. Kalian juga bisa membaca versi ebook-nya kalau dirasa membeli buku fisiknya mahal. Hal-hal yang dipelajari dalam dunia desain grafis itu luas, jadi gak cuma sekedar mempelajari fundamental bagaimana membuat desain yang baik aja melainkan bagaimana berkomunikasi dengan klien, berpikir out of the box, psikologi manusia, branding, dan lain-lain. Pada kesempatan kali ini, Aku akan merekomendasikan buku-buku yang berhubungan desain grafis baik dari dalam negeri ataupun dari luar yang menurut aku bagus dan memberi insight. Cekidot!

1. Steal Like an Artist

    Buku yang ditulis oleh Austin Kleon ini memberikan cara-cara praktis agar dapat menjadi kreatif yang dapat membuka pikiran kita bagaimana kita bisa mendapatkan ide dalam membuat sebuah karya. Salah satu kalimat yang saya ingat dalam buku ini adalah "All creative work builds on what came before. Nothing is completely original".

 

2.  Change by Design

    Buku ini ditulis oleh Tim Brown. Buku ini menjelaskan bagaimana design thinking membantu proses dalam mendesain. 

 

3. Grid System in Graphic Design

    Sebagai Seorang Desainer Grafis tentu penting bagi kita untuk mempelajari grid system. “The grid system is an aid, not a guarantee. It permits a number of possible uses and each designer can look for a solution appropriate to his personal style. But one must learn how to use the grid; it is an art that requires practice.” Josef Müller-Brockmann.

 

4.  100 Things: Every Designer Needs to Know About People

    Buku karya Susan Weinschenk ini membahas 100 hal tentang people berdasarkan jurnal-jurnal dan riset-riset yang dirangkum oleh penulisnya. Hal-hal atau fakta-fakta ini bisa jadi pertimbangan kamu dalam membuat desain.


5. How To Be a Graphic Designer, Without Losing Your Soul by Adrian Shaughnessy (2010): Adrian Shaugnessy

    Buku ini memberi insight arah karir dan pasar kerja untuk Desainer Grafis dimana membuat pekerjaan desain grafis menjadi sesuatu yang benar-benar menghasilkan.


6. Color Design Workbook: A Real World Guide To Using Color In Graphic Design” By Sean Adams

    Buku ini berfokus untuk membahas dan menjelaskan dasar-dasar teori warna yang dapat membantu kamu meningkatkan pemahaman tentang warna secara umum.


7. Creating a Brand Identity: A Guide for Designers

    Buku ini berisi tentang bagaimana menciptakan identitas merek dengan baik dan juga menjelaskan bagaimana cara mem-branding sebuah merek dengan sempurna. 

8. Buku-buku Desain Karya Surianto Rustan

    Buat anak-anak desain pasti familiar dengan penulis buku ini karena sering menjadi referensi dalam penulisan tugas akhir atau skripsi dan pastinya berbahasa Indonesia. Hehe. Ada buku yang membahas tentang logo, layout, tipografi sampai bisnis desain. 


 

9. Tipografi Dalam Desain Grafis

    Buku karya Danton Sihombing ini penting untuk dibaca! Apalagi jika kamu selama ini terlalu cuek untuk memaknai huruf yang dipakai di mana pun, terutama di buku, tampilan web, tampilan presentasi, dan lain-lain. Hehe.


10. Sila ke 6 : Kreatif Sampai Mati

    Buku ini ditulis oleh Wahu Aditya yang memprovokasi pembaca agar mengubah pola pikir menjadi kreatif dan Membahas banyak hal yang bisa dibangun dengan kreatifitas. Buku ini dilengkapi dengan gambar-gambar yang lucu dengan bahasa yang santai. Hehe.

     Mungkin itu dulu rekomendasi buku-buku desain yang pernah aku baca. Tentu saja masih banyak buku lainnya yang bisa kamu baca untuk memperkaya ilmu. Semoga bemanfaat :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers