Tak kenal maka tak sayang. Cieeeh. Oleh karena itu kita kenalan dulu sama DKV biar gak tersesat. Apalagi buat yang ingin mengambil jurusan kuliah DKV nih. Memangnya beda ya antara seni dan DKV? Lalu apa sih perbedaan diantara keduanya? aku akan sharing berdasarkan pengalamanku ya.

    Perbedaan DKV (Desain Komunikasi Visual) dengan seni murni atau seni rupa yang bagaikan saudara kembar padahal bukan adalah Kalau di jurusan seni, kalian bisa sebebas – bebasnya bikin karya karena memang karya yang dihasilkan merupakan ekspresi diri dari senimannya, tidak mempedulikan orang lain mengerti atau tidak karena memang tidak diperuntukan untuk dimengerti dan tidak juga bertujuan menginformasikan sesuatu ke publik. Tidak ada aturan baku maupun teori yang harus diaplikasikan juga dalam hasil karyanya. Hasil karya dari seniman diantaranya adalah lukisan dan patung.

    Berbeda dengan jurusan DKV, karya yang dihasilkan memiliki tujuan untuk memberikan informasi dan mudah untuk dipahami oleh orang lain tanpa mengurangi keestetisan dari karya tersebut. Jadi bisa dibilang, tidak hanya belajar keindahan tetapi kita juga harus membuat orang lain mengerti dari karya kita. DKV itu gabungan antara seni dan teknologi. Maksudnya dalam pengerjaannya dibantu oleh aplikasi yang hasil akhirnya bisa dalam bentuk digital ataupun cetak. Dalam proses pembuatan karyanya, Desainer menerapkan teori dan aturan yang umumnya sebagai landasan pembuatan karya. Misalnya ketika ingin menerapkan warna pada desain, Desainer menggunakan color theory, yaitu Desainer mempelajari bagaimana cara mengkombinasikan warna dan apa arti di balik warna-warna tersebut, apakah sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan dalam desain? Hasil karya dari Desainer antara lain poster, katalog, banner, dll. 

Contoh lukisan

Contoh Poster

    Sebagai contohnya seperti gambar di atas, coba kita bandingkan sebuah lukisan dan sebuah poster. Lukisan tidak bertujuan merayu siapapun untuk melakukan apapun. Lukisan hanya menggambarkan sesuatu yang bisa dinilai bebas dari berbagai sudut pandang. Tapi berbeda dengan poster. Poster ditunjukan untuk menyampaikan suatu pesan kepada massa dan tingkat keberhasilannya pun dilihat dari seberapa banyak massa yang terpengaruh dengan poster tersebut.

    Buat seorang Desainer Grafis, mendesain bukan keinginan dari dalam diri desainernya sediri tetapi berdasarkan dari brief yang klien butuhkan. Informasi-informasi yang klien berikan direalisasikan dalam bentuk visual. Desain grafis yang baik akan dilihat dari seberapa besar impact dari karya yang dihasilkannya.

    Kalo dalam dunia pendidikan, gelar yang didapat juga berbeda kuliah di jurusan seni dan DKV. Kalau mengambil jurusan seni gelarnya S.Sn. alias Sarjana Seni. Kalo DKV gelarnya S.Ds. alias Sarjana Desain. Semoga bermanfaat #cmiiw :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers