Assalamu’alaikum. Buat teman-teman yang bermata minus pastinya penglihatan terganggu banget dong kalau gak dibantu pake kacamata atau softlens. Sudah menggunakan kacamata atau softlens, tapi penglihatan masih kurang jelas? Jangan-jangan minusnya nambah tuh. Hehe.

    Aku mau cerita sedikit, ketika mengecek pertama kali ke Dokter Spesialis Mata usia 14 tahun, ternyata mataku minus 2 yang kiri dan yang kanan 1,5. Ada sedikit silinder-nya juga tapi aku gak inget berapa angkanya. Dan setelah 15 tahun menggunakan kacamata, minusku tidak terlalu bertambah secara signifikan. Sekarang aku menggunakan kacamata dengan minus 2,5 sebelah kiri dan minus 2 sebelah kanan. Aku mau kasih tips ke kalian supaya mata minus tidak bertambah terlalu banyak. Berikut tipsnya.

1. Pilih lensa yang berkualitas 

    Kita sering lihat jika pergi ke Mall ketika lewat optik kacamata yang berjejer itu terpampang promo beli frame dan lensa kacamata dengan harga kurang dari 200 ribu dan bisa ditunggu dalam waktu sekitar 1 jam? Apakah kacamata itu berkualitas? sebenarnya kembali ke pilihan masing-masing sih membeli lensa yang murah atau yang mahal karena kebutuhan dan kemampuan setiap orang berbeda-beda. “Ada harga, ada rupa”. Membeli lensa murah bukan berarti tidak bisa melihat dengan baik, tetapi kenyamanan dan ketahanan lensa tentu berbeda. Jika menggunakan lensa yang tidak berkualitas, dalam jangka waktu beberapa bulan setelah pemakaian, pasti akan ada perubahan. Mulai dari perubahan lensa yang menjadi sedikit buram, kurang bisa melihat dengan jernih atau mungkin lensa kacamata menjadi sering kotor. Jika menggunakan lensa yang berkualitas bisa digunakan dalam jangka waktu kurang lebih 2 tahunan.

    Lensa kacamata yang berkualitas memiliki beberapa fitur yang membuat nyaman mata. sehingga memberikan penglihatan yang lebih baik. Misalnya saat berada diruangan ber-AC atau ketika memakai masker, lensa kacamata menjadi berembun namun pada akhirnya bisa hilang dan jernih dengan sendirinya. Kalau memakai lensa yang murah, embun juga akan hilang sih, tapi kamu tetap harus membersihkannya agar lensa menjadi jernih kembali.

    Jadi membeli kacamata yang berkualitas dengan harga yang lebih mahal bukanlah hal pemborosan. Selain kualitas yang terjaga dengan baik, kenyamanan adalah hal terpenting bagi penggunanya karena kacamata dengan penglihatan yang buruk juga dapat menyebabkan kerusakan mata permanen. Lebih mahal lagi nanti pergi berobat ke Dokternya. Hehe.

    Karena aktivitasku sehari-hari banyak di depan komputer, maka aku memilih Blue light shield lens yang memiliki material khusus mampu menahan radiasi sinar biru yang berasal dari Matahari, layar komputer , gadget, dan digital screen lainnya. Lensa Blue light shield ini bewarna agak sedikit kekuningan bukan bening.

2. Hindari membaca dan melihat layar komputer atau smartphone di tempat yang gelap atau kurang cahaya 

    Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitias Toledo, Amerika Serikat memaparkan bahwa blue light dapat mempercepat kebutaan di mata dengan memicu macular degeneration, yaitu sebuah kondisi gangguan penglihatan yang banyak ditemukan di kalangan orang berusia lanjut. Macular degeneration terjadi ketika bagian tengah retina mata mengalami kerusakan karena sel-sel penerima cahaya (photoreceptor) mati.

3. Hindari menatap gadget terlalu sering

    Terbiasa berjam-jam menatap layar smartphone atau laptop bisa menyebabkan ketegangan pada mata. Agar mata tidak tegang sering-sering berkediplah, mengurangi pencahayaan pada layar gadget dan berikan jeda setiap 20 menit sekali. Alihkan perhatian mata ke tempat lainnya. Kamu juga bisa memakai night mode di smartphone untuk mengurangi cahaya yang masuk ke mata.

4. Selalu pakai kacamata

    Pernah dengar “Penggunaan kacamata bagi penderita mata minus dapat mempengaruhi bertambahnya minus?” hal itu merupakan mitos. penggunaan kacamata justru sangat berguna untuk menghambat bertambahnya minus. Penderita rabun jauh yang tidak menggunakan kacamata, justru minusnya akan rentan bertambah.  Karena mata akan dipaksa untuk terus berakomodasi agar dapat melihat objek dalam jarak yang jauh, maka otot mata pun dipaksa bekerja keras, dan otot mata yang kelelahan ini dapat mempengaruhi bertambahnya minus.

5. Selalu gunakan kacamata yang sesuai dengan minus

    Sebelum menggunakan kacamata, sebaiknya periksa ke Dokter Spesialis Mata atau optik yang berkualitas dengan teknologi yang lebih canggih supaya ketika menggunakan kacamata, minusnya sesuai dengan kebutuhanmu agar menghindari dari memicingkan mata akibat ingin melihat dengan maksimal dan jangan gunakan kacamata orang lain ya.

6. Mengonsumsi makanan yang bergizi

    Selain faktor eksternal, kita juga perlu memperhatikan faktor internal, yaitu mengonsumsi makan-makanan yang bergizi. Kamu bisa memakan makanan yang mengandung vitamin dan antioksidan yang tinggi, seperti vitamin A, C, dan E. Misalnya wortel, jeruk, strawberry, tomat, paprika, alpukat, brokoli, ikan tuna, ikan kembung, dll. 

7. Periksa Mata secara berkala

    Jika kacamata sudah tidak terasa nyaman, sebaiknya segera periksa mata. Hal ini penting, terutama pada anak-anak dengan orang tua yang memiliki mata minus atau orang dewasa yang cukup sering menghabiskan waktu di depan layar gadget.

    Kita semua pasti sepakat bahwa indera pengelihatan itu penting banget.  Jadi, sayangi mata kita dengan merawat pemberian Allah ini dengan sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat 😊

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers