Buat kaum mending mending yang pengen beli gadget yang mumpuni, tapi terhalang budget, kalian bisa coba membeli gadget second secara online. Lumayan kan dapet barang masih bagus tetapi dengan harga miring. Lagian gadget akan terus update beserta features yang ditawarkan. Belilah sesuai kebutuhan ya. Bukan karena gengsi. “Tapi kan kalau beli online takut ketipu” atau “Tapi kan barangnya takut gak ori” dan ketakutan-ketakutan lainnya. Waktu pertama kali Aku mencoba membeli gadget second secara online juga merasa begitu kok. Maka hadirlah tulisan ini. Wkwkwk. Berikut aku kasih tipsnya sesuai dengan pengalamanku ya. InsyaAllah aman.

Photo by OVAN from Pexels

 

1. Cari Tahu Semua Informasi Tentang Gadget yang Kamu Incar 

    Kamu perlu mencari tahu dulu tentang spesifikasi gadget yang kamu incar supaya kamu ada pegangan dan pengetahuan sebelum berselancar dan kontak dengan Seller. Misalnya dibuat tahun berapa, features apa saja yang ditawarkan, tersedia dalam berapa warna, kelengkapan kalau misalkan beli baru apa saja (misalnya charger, kitab-kitab, kabel usb, dan lain-lain). Harga barunya berapa (untuk perbadingan harga yang ditawarkan Seller). Pokoknya cari tahu sampai sedetail-detailnya. Bisa dengan cara melalui membaca berbagai review di artikel atau menonton video di youtube atau cek ke situs resminya misalnya. Hehe. Hal ini bisa jadi bahan pertanyaan ke Seller juga apakah Seller jujur atau tidak biar kamu yakin juga sebelum deal.

2. Cari Perbandingan Harga Seller

    Ketika kamu sudah memutuskan ingin membeli gadget yang mana. Ini saatnya berselancar. Mencari barang second dengan kondisi masih bagus dengan harga miring memang gampang-gampang susah. Diperlukan kesabaran. Ya namanya juga barang second kan. Kamu bisa mencari pebandingan harga-harga yang ditawarkan oleh Seller supaya tahu harga pasaran second sekitar berapa. 

3. Jangan Tergoda dengan Harga Murah 

    Jangan langsung tergoda dengan harga super murah ya. Malah kamu harus curiga kalo harga yang ditawarkan lebih murah dari harga pasaran. Hal apa yang membuat Seller menjual harga lebih murah? Apakah ada dent di body gadget? Apakah ada aksesoris yang sudah tidak berfungsi degan baik? Misalnya kabel charger-nya kadang bisa mengisi daya kadang nggakSeller yang baik akan mencantumkan kekurangannya di deskripsi produk yang dia jual bila memang ada kekurangan. Kalo memang gak ada, tanya sedetail-detailnya kepada Seller. Siapa tahu dia lagi BU (Butuh Uang). Hehe.

    Jangan mentang-mentang Seller lagi BU, terus kesempatan menawar harga afgan (read : sadis). Wkwkwk. Ada juga Seller yang menaikan sedikit harga barangnya dari harga pasaran. Tetapi dia kasih bonus lebih, misalnya free SD Card dengan brand ternama atau gadget sudah dilapisi screen guard, dan lain-lain. Ya kalau nego sewajarnya juga ya.

4. Cek Identitas Seller atau Toko

    Ketika kamu sudah sempat chat dengan Seller, kamu juga perlu mencari identitas Seller. Kalau misalkan kamu dapet barangnya di group forum jual beli seperti facebook, kamu klik profile Seller-nya. Dia sudah lama buat akun atau akun baru. Namanya menggunakan nama alay atau nama asli, compare sama sosial media Seller yang lainnya. misalnya instagram, linkedin, dll. Sekarang cari identitas orang gampang kok. Tinggal ketik aja namanya di google. Hehe.

  Kalau kamu dapetnya di marketplace macem toko ijo, lihat rate-nya, tanya-tanya temen ada yang pernah beli di sana atau nggak. Gimana review-nya?

5. Tanya Sedetail-detailnya Tentang Kondisi Barang Ke Seller

    Seller yang baik pasti akan menjawab jujur dan sabar apapun yang ditanyakan calon buyer. Tanyakan apa yang tidak dia cantumkan di description misalnya ketika membeli laptop atau kamera berapa cycle count nya. Dulu belinya dimana. Sudah pernah jatuh atau belum? Kamu bisa juga minta serial numbernya untuk mengecek barang itu terdaftar atau tidak di situs resminya.

    Kalo Seller-nya gak welcome dan bikin kamu juga gak yakin dan nyaman, sebaiknya tinggalkan saja. Cari yang lain. wkwkwk. Keyakinan dan kepercayaan diperlukan dalam jual beli barang second. Emang dalam hal jodoh aja? #Eaaa.

6. Utamakan COD

    Buat yang baru pertama kali beli gadget second, saran Aku sih utamakan COD (Cash On Delivery). Kamu bisa janjian dengan Seller untuk ketemuan, cek barangnya supaya yakin dan kalau cocok kamu bisa langsung bayar dan bawa pulang barangnya. Tetapi jika memang benar-benar tidak bisa COD misalnya jauh dari lokasi tempat tinggal dan harus dikirim kurir, kamu bisa minta video call terlebih dahulu minta Seller tunjukin barangnya (terlihat awkward, tetapi demi keamanan dan saling percaya. Wkwkwk).

7. Transaksi dengan Aman

    Kalau memang sudah deal, sebaiknya minta transaksi melalui marketplace terpercaya walaupun kamu ketemu Seller-nya di forum jual beli. Bisa melalui toko ijo atau toko oren. Jadi uang kamu akan ditahan dulu di marketplace tersebut jika barang belum sampai. Uangnya gak akan langsung ke Seller.     

8.  Minta Seller Packing yang Aman

    Jangan lupa untuk minta packing yang aman jika dikirim melalui ekspedisi kepada Seller. Bisanya sih packing kayu yang didalamnya dilapisi buble wrap tebal. Seller yang sudah biasa sih sudah tahu ya. Tetapi tidak ada salahnya mengingatkan.

9. Minta Garansi Ke Seller

    Kamu juga bisa minta garansi ke Seller jika barang sudah tidak ter-cover dari toko resminya. Misalnya dalam waktu seminggu pemakaian, ternyata ada error bukan karena kelalaian pemakaian kamu, kamu bisa diskusikan ke Seller jalan tengahnya gimana. Tapi ini jarang terjadi sih

10. Cek Barang Ketika Baru Sampai

    Ketika barang sudah kamu terima sebaiknya video-in unboxing-nya biar tahu ada kekurangan atau nggak di dalamnya. Seller juga manusia. Jadi kalo ada komplain atau kekurangan tidak sesuai deskripsi dari Seller, kamu bisa tunjukin buktinya.

    Mungkin segitu aja tips membeli gadget second secara online. Semoga bermanfaat. Selamat berbelanja. Semoga segera menemukan si dia (gadget yang kamu incar maksudnya) :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers