“Perasaan baru kemarin gajian ya. Kok belum pertengahan bulan tapi sudah bokek? Makan mie instan sama obat maag aja deh sampe akhir bulan nih!”. Hehehe. Jika kita tidak mengelola keuangan dengan baik, salah satu dampaknya gaji yang kita terima cepat habis sebanyak apapun nominalnya. Jangankan untuk bisa menabung, untuk kebutuhan sehari-hari yang basic saja terasa kurang. Kok bisa? Dari hasil mewawancari beberapa narsum dan pengamatanku, mungkin kamu sering melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut ini :


1. Kebiasaan Nongki

    Hampir setiap hari makan siang di luar, keluar masuk restauran, gak lupa foto makanan lalu upload ke sosmed. Pulang kerja mampir ke Cafe beli secangkir kopi seharga 50 ribuan plus cemilannya lalu upload ke sosmed. Weekend teman-teman ngajakin jalan, tanpa pikir panjang, ikut. Kan uangnya masih banyak. Gak lupa juga upload ke sosmed biar eksis. Coba kalau dikalkulasi, kebiasaan-kebiasaan nongki, makan di luar dan kumpul-kumpul demi eksistensi ini, berapa uang yang sudah kamu habiskan? Akhir bulan pasang muka melas pinjam uang teman :)

2. Mindset Belanja

    Ketika akhir bulan atau menjelang gajian, mulai scroll online shop “Gaji bulan ini mau dibelanjain apa ya?”. Begitu hari H gajian, liat saldo di rekening bertambah, karena merasa masih punya banyak uang, langsung check out list di keranjang. Ending-nya membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan dan tidak berguna juga. Hanya lapar mata. Kewajiban-kewajiban yang harus dibayar belum dibayarkan, pake kartu kredit atau paylater aja lah. Utang lagi :)

3. Ambil Kredit di Luar Kemapuan Demi Gengsi

    Melihat si A beli mobil baru, melihat si B beli sepatu branded limited edition, melihat si C ambil kredit rumah di lokasi yang strategis, melihat si D beli handphone baru, hati jadi panas dan takut kalah saling. Akhirnya lagi-lagi demi gengsi, mengambil kredit di luar kemampuan. Ending-nya gak bisa bayar dan barang ditarik :)

4. Tidak Mau Upgrade Ilmu Money Management

    Sudah tahu gaji cepat sekali habis, tetapi tidak mau evaluasi dan tidak upgrade ilmu money management seperti kita harus punya dana darurat, tabungan untuk masa depan, mengelola uang dengan metode 50, 30, 20 atau metode-metode yang lainnya yang bisa kita gunakan setiap kali kita menerima gaji :)

5. Tidak Memulai Kebiasaan Menabung dan Invest

    Sudah kerja lama, tapi kok gak ada peningkatan kualitas hidup? Gimana bisa meningkatkan kualitas hidup, kalau dari pertama menerima gaji tidak memulai kebisaan menabung dan juga mencoba untuk berinvestasi. Yang ada dipikiran hanyalah misi "Bagaimana menghabiskan uang yang aku punya saat ini" :)

    Dari kelima poin di atas ada gak kebiasaan yang kamu lakukan sehingga gaji lewat begitu saja? Semoga bermanfaat :)

No comments

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

Popular Posts

Followers